Lihat ke Halaman Asli

Kajian Sosiologi Hukum dalam Kehidupan Bermasyarakat

Diperbarui: 10 Desember 2023   19:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Artikel ini disusun oleh Nur Isna Ma'Arif (222111121) guna memenuhi tugas Ujian Akhir Semester Sosiologi Hukum dengan Dosen Pengampu Muhammad Julijanto S.Ag., M.Ag

1. Berikan analisis factor-faktor yang mempengaruhi terhadap efektivitas hukum dalam masyarakat!. Apa saja karakter penegak hukum yang efektif?

- faktor hukum

faktor ini merupakan dasar bagi berlakunya suatu hukum karna hukum merupakan suatu aturan yang menjadi dasar bagi objek hukum. aturan ini menjadi suatu pegangan atau pedoman masyarakat dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat.

- faktor penegak hukum

aparat penegak hukum bertugas mengawasi dan mengatur berjalannya suatu hukum sesuai dengan wewenangnya guna menciptakan hukum yang adil bagi masyarakat.

- faktor masyarakat

masyarakat sebagai objek yang menjalankan suatu hukum, dengan adanya pemahaman dan kesadaran masyarakat dalam menjalankan suatu aturan maka akan terciptanya efektivitas hukum.

- faktor sarana dan prasarana

sarana dan prasarana sebagai suatu penunjang dalam melaksanakan suatu penegakan hukum. agar terciptanya efektivitas hukum maka diperlukan juga untuk meningkatkan sarana dan prasarana yang ada sebagai penunjang dalam penegakan hukum.

- faktor kebudayaan 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline