Lihat ke Halaman Asli

Nurisma ElokFadila

Mahasiswa S1

Peluang Karir Luas: Jurusan Bimbingan dan Konseling Banyak Diminati Tahun Ini

Diperbarui: 3 Agustus 2024   20:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://www.suara.com/health/2022/06/04/142527/konseling-masalah-kesehatan-mental-bolehkah-berganti-ganti-psikolog

Halo kompasianer, jurusan bimbingan dan konseling dari tahun ke tahun cukup banyak diminati diberbagai kampus Indonesia. Peluang karir luas yang cukup menjanjikan itu menjadi daya tarik calon mahasiswa untuk memilih jurusan tersebut.

Apasih bimbingan dan konseling itu? Perlu diketahui bahwa bimbingan dan konseling itu adalah satu kesatuan yang berbeda. Bimbingan sendiri dapat diartikan sebagai suatu proses membantu seseorang dalam menentukan pilihan yang penting yang mempengaruhi kehidupannya, seperti memilih gaya hidup yang diinginkannya. Bimbingan sendiri lebih mengarah pada pencegahan dan pengembangan. Sedangkan konseling adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan oleh seorang ahli kepada individu yang mengalami sesuatu masalah.

Pengunaan kata penghubung dan antara dua terminologi itu dapat dimaknai bahwa upaya bimbingan tidak selamanya harus diikuti dengan konseling tetapi pada saat layanan konseling dilakukan harus didalam perspektif bimbingan sebagai upaya pedagogis.

Uniknya jurusan tersebut membawa daya tarik gen z untuk memilih jurusan itu. Ada beberapa alasan mengapa kalian harus memilih jurusan bimbingan dan konseling diantaranya adalah peluang karir luas dari lulusan bimbingan dan konseling. Lulusan BK ini tak hanya akan menjadi guru BK, selain itu banyak sekali peluang karir yang dapat dipilih diantarnya adalah:

1. Konselor pendidikan 

Konselor adalah profesi yang umumnya bergerak pada pendidikan menengah. Tugas dari seorang konselor pendidikan adalah memberikan pelayanan bimbingan dan konseling pada peserta didik.

2. Konselor karir

Tak hanya menjadi tenaga pendidik seorang konselor juga dapat menjadi seorang konselor karir, membantu untuk melayani dan memberikan arahan untuk memilih karir pada anak.

3. Konselor pernikahan dan keluarga

Konselor ini banyak kita jumpai pada pengadilan agama. Tugas dari seorang konselor pernikahan dan keluarga ini adalah membantu memberikan solutif untuk menjaga keharmonisan keluarga.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline