Salah satu permasalahan yang kiranya mungkin pernah atau malah sudah sering dialami, baik peserta didik, mahasiswa, satuan pendidik, maupun tenaga kerja adalah menuliskan/membuat suatu iklan (teks iklan). Teks iklan sendiri merupakan media atau bentuk komunikasi yang dapat digunakan untuk mempromosikan produk barang atau jasa seseorang guna menarik perhatian khalayak agar membeli/menggunakan barang dan jasa yang ditawarkan tersebut. Meskipun terlihat mudah untuk dilakukan, tetapi kenyataannya masih terdapat segelintir orang yang kesulitan dalam menulis dan mengkreasikan teks iklan yang mereka buat. Banyak masyarakat yang kesulitan dalam menentukan ide dan gagasan tentang pemilihan konsep iklannya, seperti bingung bagaimana tata letak yang baik.
Bagaimana membuat isi teks iklan dan gambar (visual) dari barang atau jasa tersebut bisa saling berhubungan serta terlihat selaras. Berdasarkan permasalahan-permasalahan itulah, tentu timbul dipikiran tentang cara untuk mengatasi masalah tersebut. Bagaimana problem solving atau penyelesaian yang tepat terhadap masalah-masalah tersebut? Apakah ada media yang dapat memudahkan masyarakat untuk menuangkan kreativitasnya terutama ketika menulis teks iklan? Jawabannya ialah Canva.
Menulis teks iklan menggunakan media Canva bisa dijadikan alternatif masyarakat dalam mengekspresikan ide kreativitasnya. Canva adalah salah satu aplikasi yang bergerak di bidang desain grafis (editor) untuk membuat grafis media sosial, poster, presentasi (PPT), dokumen, dan lain sebagainya. Selain untuk media sosial, hasil desain yang telah dibuat melalui aplikasi ini juga dapat dicetak, sehingga masyarakat pun bisa memiliki bentuk fisik dari hasil desainnya tersebut. Penggunakan aplikasi Canva dalam menulis teks iklan membuat pekerjaan yang tadinya sulit menjadi sedikit lebih mudah. Canva menyediakan begitu banyak contoh desain yang dapat dijadikan referensi untuk kita menciptakan desain grafis, sehingga permasalahan perihal kesulitan dalam menentukan ide dan gagasan, pemilihan konsep iklan, dan tata letak yang kiranya bagus serta sesuai tidak lagi menjadi penghambat.
Ada ratusan konsep (template) desain iklan yang bisa langsung kita gunakan. Kita cukup mengedit atau mengubah kalimat-kalimat yang tertulis pada template tersebut dan menggantinya dengan kalimat yang telah kita susun sebelumnya. Menulis kalimat atau teks dari iklan pun tidak terlalu rumit, kita cukup memahami struktur serta tujuan dari teks iklannya. Kalimat iklan harus mengandung fakta yang disertai dengan opini. Perlu diingat bahwa dalam menulis kalimat iklan, isi atau maksud dari kalimat iklan harus memuat informasi kepada khalayak tentang produk dan jasa yang ditawarkan, serta kalimatnya menyiratkan ajakan kepada mereka untuk menggunakan/membeli produk dan jasa tersebut.
Perihal bagaimana menyelaraskan antara teks iklan dengan gambar (visual) iklannya, kita cukup memilih desain iklan di Canva yang sesuai dengan barang atau jasa yang ditawarkan, atau bisa juga mengganti gambar dari template Canva menggunakan gambar produk milik kita. Semua bisa dilakukan jika menggunakan aplikasi itu, ibaratnya Canva menjadi wadah atau fasilitator yang menyediakan semua kebutuhan, selebihnya tergantung bagaimana motivasi kita untuk mau memanfaatkan fasilitas tersebut dengan baik.
Menulis teks iklan kini tidak harus selalu memikirkan berbagai permasalahan-permasalahan, seperti kurangnya ide dan gagasan, bagaimana memilih konsep desain iklan, bagaimana membuat kalimat iklan dengan gambar iklannya bisa selaras, dan lain-lain sebagainya. Ada banyak media yang dapat membantu mengembangkan ide kreativitas kita dalam menghasilkan suatu karya. Penggunaan aplikasi Canva dalam menulis teks iklan salah satunya menjadi jalan keluar atas kesulitan yang dihadapi masyarakat saat merencanakan teks iklan.