Lihat ke Halaman Asli

Nawa Sena

Seniman kata

Masih Teringat di Balik Misterinya Kematian John F Kennedy

Diperbarui: 26 Juni 2024   16:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Presiden Amerika Serikat yang ke 35 (www.kompas.com)

Kematian John F. Kennedy: Fakta dan Teori Konspirasi yang Mengguncang Dunia

Pada 22 November 1963, dunia dikejutkan oleh berita tragis dari Dallas, Texas. John F. Kennedy, Presiden ke-35 Amerika Serikat, ditembak mati saat melakukan parade kampanye. Peristiwa ini tidak hanya mengguncang Amerika Serikat tetapi juga menjadi titik balik dalam sejarah dunia. Meski penyelidikan resmi menyimpulkan bahwa Lee Harvey Oswald bertindak sendirian, berbagai teori konspirasi tentang pembunuhan JFK terus muncul dan menjadi bahan perdebatan selama lebih dari setengah abad.

Fakta Seputar Pembunuhan JFK

Pada pagi yang cerah di Dallas, JFK bersama istrinya, Jacqueline Kennedy, mengendarai mobil terbuka melalui Dealey Plaza. Tiba-tiba, terdengar tiga tembakan. Presiden Kennedy terkena dua tembakan; satu di punggung dan satu lagi di kepala. Dia segera dilarikan ke Rumah Sakit Parkland Memorial tetapi dinyatakan meninggal pada pukul 13.00 waktu setempat.

Lee Harvey Oswald, seorang mantan Marinir AS, ditangkap tak lama setelah penembakan tersebut. Namun, dua hari kemudian, Oswald dibunuh oleh Jack Ruby, pemilik kelab malam lokal, saat sedang dipindahkan dari penjara kota ke penjara daerah. Kejadian ini semakin menambah misteri dan kecurigaan di sekitar pembunuhan JFK.

Penyelidikan Resmi

Warren Commission, yang dibentuk oleh Presiden Lyndon B. Johnson, menyimpulkan bahwa Oswald bertindak sendiri dalam pembunuhan JFK. Laporan setebal 888 halaman ini diterbitkan pada 1964, tetapi banyak orang meragukan kesimpulannya. Kritik menyatakan bahwa penyelidikan tersebut tidak menyeluruh dan banyak bukti yang diabaikan.

Teori Konspirasi yang Populer

  • Teori Penembak Lebih dari Satu
    Salah satu teori yang paling terkenal adalah adanya lebih dari satu penembak. Beberapa saksi mata melaporkan mendengar tembakan dari arah "grassy knoll", bukit berumput di Dealey Plaza. Analisis balistik dan rekaman suara juga menimbulkan pertanyaan tentang kemungkinan penembak kedua.
  • Keterlibatan CIA
    Ada teori yang menyatakan bahwa CIA terlibat dalam pembunuhan JFK. Motifnya beragam, mulai dari ketidakpuasan terhadap kebijakan luar negeri Kennedy, khususnya mengenai Kuba, hingga ketakutan bahwa Kennedy akan membongkar operasi rahasia CIA.
  • Mafia
    Teori lain menyebutkan keterlibatan Mafia dalam pembunuhan ini. Kennedy dan saudara laki-lakinya, Robert F. Kennedy, yang saat itu menjabat sebagai Jaksa Agung, memerangi kejahatan terorganisir dengan sangat agresif. Beberapa percaya bahwa Mafia membalas dendam dengan membunuh JFK.
  • Pemerintah Asing
    Beberapa teori mengklaim bahwa pemerintah asing, seperti Uni Soviet atau Kuba, mungkin berada di balik pembunuhan ini. Pada puncak Perang Dingin, hubungan AS dengan kedua negara ini sangat tegang, dan pembunuhan Kennedy dapat dilihat sebagai cara untuk menggoyahkan pemerintahan AS.
  • Teori Ekonomi
    Ada juga teori yang mengaitkan pembunuhan JFK dengan kebijakan ekonominya. Kennedy dilaporkan berencana untuk mereformasi sistem Federal Reserve dan mengurangi pengaruh bank-bank besar, yang konon mengancam kepentingan elite keuangan.
  • Dampak Pembunuhan JFK
    Kematian JFK mengubah lanskap politik dan sosial Amerika Serikat. Lyndon B. Johnson mengambil alih kepresidenan dan melanjutkan beberapa kebijakan Kennedy, termasuk hak-hak sipil dan program "Great Society". Namun, bayang-bayang pembunuhan terus membayangi dan mempengaruhi pandangan masyarakat terhadap pemerintah.

Pembunuhan ini juga memicu perkembangan teori konspirasi di Amerika Serikat, menciptakan budaya skeptisisme terhadap narasi resmi pemerintah. Hingga hari ini, lebih dari 50 tahun kemudian, misteri di sekitar kematian JFK terus memikat dan memprovokasi imajinasi banyak orang.

Penutup

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline