Lihat ke Halaman Asli

Tim PKM USM Laksanakan Kegiatan Bertajuk "Literasi Branding bagi UKM Kuliner di Krobokan Semarang Barat"

Diperbarui: 16 Mei 2024   08:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi, 2024

Branding merupakan salah satu strategi persaingan yang penting karena dapat menimbulkan kesan pada konsumen dan dapat membedakan dari pesaing mengenai produk atau jasa yang ditawarkan. Dalam komunikasi pemasaran, salah satu fungsi branding adalah sebagai salah satu sarana untuk menanamkan citra positif di benak konsumen, sehingga perlu dipahami oleh para pelaku UKM (Usaha Kecil dan Menengah). Melalui branding, produk UKM akan senantiasa diingat oleh masyarakat atau konsumen dalam jangka waktu yang cukup lama.

Tim dosen Fakultas Ekonomi Universitas Semarang melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) mengenai literasi branding kepada 18 pemilik UKM di Krobokan Semarang Barat. Kegiatan PKM dilaksanakan di bank sampah Resik Becik jalan Cokrokembang Kecamatan Semarang Barat. Kegiatan yang merupakan salah satu dari kewajiban tri dharma perguruan tinggi tersebut dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 14 Mei 2024. Kegiatan ini didanai oleh Universitas Semarang.

Dosen FE USM yang terlibat dalam kegiatan PKM diketuai Nuria Universari, S.E., M.Sc., dengan anggota Lulus Prapti N.S.S., S.E., M.Si. dan Haris Murwanto Paramitayana, S.E., M.M. Kegiatan PKM ini juga melibatkan dua mahasiswa Fakultas Ekonomi USM yaitu Maghfirotun Arifah dan Nur Aina Sabilla Faza.

Menurut Nuria Universari sebagai ketua tim PKM, kegiatan ini difokuskan untuk memberikan literasi branding bagi pelaku UKM yang memiliki usaha kuliner supaya pelaku usaha memperoleh pengetahuan yang baik terkait branding, membuat branding dan penguatan branding produk yang dihasilkan sehingga dapat meningkatkan daya saing dan menjaga keberlangsungan usaha.

Sementara itu Ika Yudha Kurniasari selaku pengelola Bank Sampah Resik Becik sekaligus pendamping UKM merespon positif kegiatan ini dan berharap dengan kegiatan ini, pelaku UKM dapat mempunyai pengetahuan tentang branding sehingga produknya akan mudah diingat oleh masyarakat, meningkatkan kemampuan dan pengetahuan pelaku UKM dalam hal branding sehingga dapat dimanfaatkan secara optimal untuk meningkatkan penjualan produk yang dihasilkan.

Pelaksanaan PKM yang mengusung tema "Literasi Branding bagi Usaha Kuliner di Krobokan Semarang Barat" disambut antusias oleh peserta. Bahkan peserta meminta kegiatan PKM lanjutan untuk memberikan edukasi mengenai pembuatan kemasan dan merek yang menarik.

Dokumentasi pribadi, 2024

Dokumentasi pribadi, 2024

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline