Lihat ke Halaman Asli

Nur Hikmah

an avid learner

Raport Pendidikan Diagnosa "Penyakit" Satuan Pendidikan

Diperbarui: 17 September 2023   12:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pada tahun 2018 hingga tahun 2022 saya diamanahkan untuk menjadi bendahara BOS. Selain sebagai pemegang uang, saya juga diberikan kepercayaan untuk membantu kepala sekolah dalam menyusun Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS). 

Pada prosesnya, hal yang pertama kami lakukan adalah menyelenggarakan rapat penyusunan RKAS. Rapat tersebut dihadiri oleh seluruh keluarga besar sekolah kami. 

Dalam rapat juga dibahas apa yang menjadi rencana kerja kepala sekolah, kegiatan yang akan dilaksanakan dalam 1 tahun, penghitungan honor guru non ASN dan usulan pengadaan barang. Usulan pengadaan barang ini didasarkan pada kebutuhan setiap guru, baik berupa media pembelajaran maupun kebutuhan lainnya. 

Adapun dalam merencanakan kegiatan untuk meningkatkan kompetensi para guru, kami mengalokasikan dana untuk melaksanakan In House Training (IHT) setiap 1 semester sekali. Untuk menentukan topik apa yang akan diangkat dalam IHT merupakan salah satu kesulitan yang kami hadapi. 

Hal tersebut dikarenakan kami belum benar-benar memahami apa yang sedang kami hadapi, bagaimana memperbaikinya dan apa yang dibutuhkan dalam memperbaikinya.

Bersyukur kini kami sudah diperkenalkan dengan Raport Pendidikan. Raport tersebut bagaikan hasil pemeriksaan dokter. Di dalamnya berisikan kondisi kami yang sesungguhnya berdasarkan pada gejala-gejala yang terlihat dan juga hasil pemeriksaan.

 Kemudian diberikan resep untuk mengobatinya. Bagaimana tidak, raport Pendidikan menyajikan data riil tentang satuan Pendidikan dan juga dilengkapi dengan rekomendasi solusinya. Sebuah terobosan yang sangat perlu diapresiasi dan dimanfaatkan oleh satuan Pendidikan. 

Meskipun sekarang saya sudah tidak lagi menjadi bendahara BOS, namun kini saya dapat memahami apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam menyusun kegiatan atau program untuk dijalankan oleh satuan Pendidikan. 

Oleh karena itu di masa yang akan datang, saya akan menerapkannya. Saya akan membaca Raport Pendidikan. Kemudian memberikan sumbangsih berupa saran dalam menyusun perencanaan kegiatan yang berbasis data. 

Selain itu juga saya akan mendukung kegiatan atau program sekolah tersebut. Karena saya yakin kegiatan tersebut akan berpihak pada murid. Hal ini perlu saya dan guru-guru lakukan dalam upaya mentransformasi satuan Pendidikan kami.

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline