Lihat ke Halaman Asli

Nurhidayati

pendidikan

Seragam Sekolah

Diperbarui: 6 Februari 2022   15:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Seragam sekolah akan membantu kita merasa lebih menyatu sebagai pelajar. Seperti yang kita tahu fungsi dari seragam sendiri ialah sebagai identitas sekolah. 

Seragam sekolah juga sebagai sarana mempromosikan kesetaraan sosial dikalangan siswa, untuk membedakan tingakatan, dan sebagai bentuk disiplin. Tentu saja salah satu bentuk disiplin di lingkungan sekolah ialah mengenakan seragam sesuai ketentuan dari sekolah masing-masing. 

Selain itu, seragam merupakan salah satu bagian dari aksi nyata dalam menumpas kesenjangan sosial dalam menempuh pendidikan. Kebanyakan sekolah di Indonesia yang menggunakan seragam dapat dilihat siswa yang berstatus elite, kaya raya dan berkelas menengah keatas memakai pakaian yang tidak jauh berbeda dengan siswa dari kalangan ekonomi menengah kebawah. 

Siswa SD mengenakan seragam merah putih, siswa SMP yang mengenakan seragam putih biru dan siswa SMA yang mengenakan seragam putih abu-abu. 

Mereka semua disamaratakan dalam berseragam agar lebih menyatu dan tidak adanya perbedaan kelas sosial. Jadinya, melalui seragam kelas sosial yang dimiliki peserta didik tidak dapat ditampakkan secara transparan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline