Lihat ke Halaman Asli

Nur Hidayah

Mahasiswa

Kesulitan Belajar membaca Di Bangku SMP

Diperbarui: 15 Juni 2024   20:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kesulitan belajar adalah beberapa gangguan yang membuat seorang anak kesulitan dalam membaca, fokus, hingga berhitung. Terdapat sejumlah jenis kesulitan belajar yang perlu diwaspadai, seperti disleksia, dispraksia hingga disgrafia

Namaku Nurhidayah, seorang siswi SMP,saya memiliki seorang teman yaitu Fulanah kebetulan satu kelas dan satu kampung dengan saya. Fulanah mengalami kesulitan belajar yaitu kesulitan dalam membaca terutama mengeja.Tentu saja selain melihat saya membantu dia dalam mencoba mengeja kata satu persatu, disini dia belajar dengan sungguh-sungguh dan mulai memahami apa yang saya ajarkan. 

Fulanah dalam kesehariannya tidak jauh beda dengan keseharian siswa pada umumnya, Fulanah selalu datang sekolah tepat waktu akan tetapi Dia sulit jika di ajak dalam mengerjakan tugas dan fulanah juga termasuk anak yg malas masuk kelas karena dia lebih banyak di pengaruhi teman-temannya yang di luar sekolah dan teman bergaulnya.

 Dalam kondisi tersebut guru, orang tua, atau orang dewasa yang dekat dengan anak perlu mengupayakan bantuan dan pendampingan agar anak yang mengalami kesulitan membaca tersebut segera mendapatkan penanganan yang tepat. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melakukan analisis kesulitan membaca permulaan. Melalui analisis kesulitan membaca permulaan, maka akan diketahui pada aspek-aspek mana saja letak 

kesulitan membaca masing-masing siswa. Analisis ini perlu dilakukan sedini mungkin di kelas-kelas awal, dengan demikian maka tidak terlambat untuk melakukan perbaikan dengan memberikan penanganan yang tepat kepada siswa.

Faktor-faktor penyebab kesulitan membaca yang dialami oleh setiap Fulanah dapat disebabkan oleh faktor internal pada diri anak itu sendiri atau faktor ekternal di luar diri anak. Faktor internal pada diri anak meliputi faktor fisik, intelektual dan psikologis. Adapun faktor eksternal di luar diri anak mencakup lingkungan keluarga dan sekolah.

Akibat anak tersebut sulit dalam membaca yaitu:

*Anak kesulitan memahami gagasan penting dalam sebuah bacaan

*Kurang memahami kata kata dasar

*Mengalami kesulitan mengingat kalimat atau kata yang telah dibaca

*Pelafalan kata atau kalimat yang masih sulit dimengerti

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline