Lihat ke Halaman Asli

Nur Hidayah

Nurhidayah

Kasus Kesadaran Membayar Pajak

Diperbarui: 26 Juli 2021   22:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pajak adalah kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan Undang-Undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Pembayaran pajak adalah perwujudan dari kewajiban kenegaraan dan peran serta wajib pajak untuk secara langsung dan bersama-sama melaksanakan kewajiban perpajakan untuk pembiayaan negara dan pembangunan nasional.

Penyebab rendahnya kesadaran untuk membayar pajak di karenakan sebagian masyrakat masih belum paham mengenai keberadaan pajak , fungsi pajak , dan manfaat dari pajak. Perlu adanya penyuluhan itu penting, oleh karena itu kurikulum 13 di ciptakan untuk membangun karakter anak bangsa atau bisa di katakan memperbaiki karakter.

Contoh Kasus Seperti Tingkat kesadaran warga Jawa Barat untuk membayar pajak masih terbilang rendah. Potensi kehilangan negara pun hilang tinggi.

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Jawa Barat I, Yoyok Satiotomo mengatakan, untuk Kanwil DJP I Jabar saja wajib pajak melaporkan baru setengahnya, dari 3 juta wajib pajak terdaftar.

"Wajib pajak ini ada di 3 juta, dari 40 juta warga (Jabar). Dari (wajib pajak) yang lapor pun belum tentu semua bayar. Jadi banyak potensi yang hilang," kata Yoyok di Gedung Sate, Bandung, Kamis.

Menurut yoyok, wajib pajak tidak patuh pada perorangan bergerak di sektor perdagangan dan informal. "Kalau pekerja formal aman. Tapi banyak wajib pajak, dia jualan tekstil, sepatu, enggak punya NPWP," ujar Yoyok.

Karena itu, Yoyok mengaku akan memberikan sanksi kurungan penjara kepada wajib pajak yang tidak patuh. "Tapi yang enggak mau bayar, masih kita belajar," ucap Yoyok.

Yoyok mengatakan, selain itu rendahnya para wajib pajak, tidak sedikit yang tidak terbuka dalam melaporkan transaksi keuangannya. Ini berdampak pada besaran nilai pajak yang tidak sesuai. Misalnya ada pemilik mobil mewah seperti Bentley.

Solusi yang sudah di lakukan pemerintah untuk meningkatkan kesadaran warga negara dalam membayar pajak yaitu dengan mengadakan berbagai penyuluhan di kota-kota atau daerah masing,masing,atau informasi yang cepat dan bisa di lihat melalui media sosial atau iklan,nah tingkat keberhasilan dari solusi tersebut bisa di katakan belum sepenuhnya berhasil karena masih banyak perusahaan atau perorangan yang belum sadar akan pentingnya membayar pajak.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline