Lihat ke Halaman Asli

Nurhidayah

Manusia Biasa

Berkenalan dengan Pribadi yang Diam-diam Tumbuh dan Memengaruhimu

Diperbarui: 1 Oktober 2023   23:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Mengatasi Kejanggalan dalam Diri dengan Self Development 

Apa Itu Kejanggalan dalam Diri?

Berbicara tentang "Kejanggalan dalam Diri" mungkin banyak dari kita akan memikirkan tentang perasaan atau emosi negatif yang menyelinap masuk tanpa pemberitahuan dan membuat kita merenung dalam ketidakpastian. Perasaan semacam ini sudah pasti membuat kita merasa terganggu, membuat kita menjadi lebih melankolis sehingga mempengaruhi produktivitas kegiatan sehari-hari kita.

Tentu saja, perasaan tersebut bukan hal yang aneh, malah cenderung manusiawi, wajar terjadi di setiap fase perkembangan manusia. Akan tetapi, kita harus tahu bagaiamana sih cara mengendalikan emosi-emosi tersebut, karena bukan tidak mungkin hal-hal yang kita rasakan akan mempengaruhi apa yang kita lakukan.

Jadi, mari kita berkenalan dan berdiskusi sejenak untuk mengatasi hal-hal janggal yang diam-diam tumbuh dan mungkin tanpa sadar memperbudak pikiran kita?

Pertama, Mengapa kejanggalan tersebut muncul dan apa yang dapat kita pelajari darinya?

Ada banyak hal yang terkadang menjadi distraksi munculnya perasaan dan emosi negatif, bisa saja dilatarbelakangi oleh pengalaman masa lalu, ekspektasi sosial, perasaan kurangnya pemahaman tentang diri sendiri, atau bahkan pengaruh media sosial. Respon yang dihadirkan pun dapat beragam dan akibat yang dihasilkan beragam kadarnya. Biasanya, hal yang paling mudah kita deteksi yakni munculnya perasaan tidak percaya diri atau takut karena hal-hal yang kita alami atau pikirkan. Nah, reaksi kita terhadap hal-hal tersebut yang nantinya akan menjadi alarm agar kita mencari solusi untuk meminimalisir kejanggalan-kejanggalan tersebut. Dari hal inilah, kita bisa belajar bagaiamana sih cara mengenali emosi dan cara menanganinya.

Sebab, salah satu kunci untuk menyelesaikan masalah yakni dengan ilmu (atau pengetahuan terhadap masalah). Buta atau bahkan ketidakpedulian kita terhadap emosi-emosi dalam diri akan menjadi tumpukan keresahan yang menggelapkan pikiran rasional kita.

Kedua, Bagaimana self development dapat memainkan peran penting dalam membantu kita menjadi lebih terkontrol?

Self development lumrahnya kita pahami sebagai proses pengembangan diri, seperti belajar hal-hal baru, berlatih keterampilan, dan menjalani kehidupan yang sehat. Untuk menjadi pribadi yang lebih baik solusinya tentu tidak jauh dari kata belajar.

Mengapa demikian? Sebab menjadi tahu bisa menjadi langkah awal untuk menjadi manusia bijaksana.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline