Lihat ke Halaman Asli

Nur Herlina

Mahasiswa - Karir

Pengaruh Ekspor Impor bagi Pendapatan Nasional

Diperbarui: 1 April 2022   00:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Dokpri

Kata ekspor dan impor sudah tidak terdengar asing lagi di negera ini. Bahkan sekarang ini negera kita di kenal sebagai negara peng-ekspor batu bara terbesar di dunia, dan negara peng-impor besi dan baja ke berbagai negara. Maka nya sudah tak heran lagi jika ekspor dan impor berpengaruh bagi pendapatan nasional suatu negara.

Pendapatan Nasional merupakan hasil pendapatan yang diperoleh atas pencapaian  para pelaku ekonomi dalam suatu negara dari penyerahan faktor-faktor produksi selama 1 tahun. Tujuannya untuk menilai tingkat perkembangan ekonomi dan membangun pertumbuhan ekonomi suatu negara agar lebih besar lagi.

Ekspor merupakan suatu proses  menjual barang dan jasa yang diproduksi sendiri didalam negeri ke luar negeri guna memenuhi permintaan barang. Sedangkan impor merupakan suatu proses  membeli barang dari luar negeri yang nantinya akan diperjual belikan didalam negeri, guna mendapatkan keutungan kembali. Penentu ekspor impor bisa dilihat dari faktor-faktor penting yang mempengaruhinya. Berikut ini faktor-faktor yang menentukan kegiatan ekspor dan impor dalam suatu negera :

1. Mutu atau kualitas dari sebuah barang

Merupakan kekuatan atau kondisi  suatu produk guna melaksanakan semua fungsinya dengan baik.

2. Harga barang

Merupakan harga yang akan kita bayar untuk mendapatkan barang tersebut atau nilai barang tersebut. Jika harga barang yang ditawarkan relatif murah dengan spesifikasi barang yang baik, tidak menutup kemungkian untuk para konsumen membelinya.

3. Cita rasa masyarakat

Merupakan suatu cara pemilihan suatu produk yang sesuai dengan keinginan masyarakat tersebut.

4. Permintaan akan barang

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline