Lihat ke Halaman Asli

Nurhayati

Mahasiswi IAIN Kendari

Kenaikan Bahan Pokok dan Kenaikan BBM Menjadi Alasan Terjadinya Demo 11 April 2022

Diperbarui: 12 April 2022   13:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada tanggal 11 April 2022 merupakan hari yang diramaikan mahasiswa untuk meneruskan aspirasi masyarakat dalam mengomentari beberapa kebijakan yang dianggap kontroversial.

Khususnya di Sulawesi Tenggara, Kantor DPRD yang bertempat di Kota Kendari juga turut dipenuhi ribuan mahasiswa yang tergabung dalam aliansi masing-masing.tuntutan demo 11 April 2022 dipicu oleh adanya orang dilingkaran Jokowi untuk mewacanakan adanya presiden 3 periode. 

Ada pun tuntutan yang menjadi dasar terjadi nya demo besar-besaran itu adalah:

- Menolak naiknya harga BBM
- Menolak kenaikan PPN
- Menolak kenaikan harga sembako
- Menolak perpanjangan masa jabatan presiden menjadi tiga periode
- Menolak penundaan pemilihan umum atau Pemilu 2024

Mahasiswa juga meminta presiden Jokowi mengusut tuntas para mafia minyak goreng,sereta mengevaluasi kinerja Mentri terkait. Mahasiswa juga menyinggung soal kenaikan harga BBM.

Disini saya akan membahas dampak kenaikan minyak goreng dan BBM yang menjadi alasan-alasan terjadinya demo besar-besaran tersebut.

Kenaikan bahan pokok seperti minyak goreng merupakan salah satu bahan masyarakat untuk mencari rejeki. Dengan adanya kenaikan minyak goreng menjadikan banyak produsen seperti penjual gorengan dan ayam geprek tutup sementara sembari menunggu minyak harga minyak goreng stabil ada pula yang menaikan harga penjualan gorengen dan ayam geprek. 

Dari sini kita dapat melihat dampaknya dengan menaikan harga tersebut makan konsumen nyaris enggan mengkonsumsi nya nah karena hal itu ekonomi masyarakat menurun. Saat ini kelangkaan minyak goreng tersebut sudah redup namun harganya yang melonjak tinggi.

Isu-isu harga BBM yang melonjak juga membuat risau ojek-ojek online karena karena BBM menunjang mereka mencari rezeki. Jika tarif di naikan maka akan banyak pelanggan yang enggan naik ojek online atau angkutan umum lain bahkan bisa jadi masyarakat yang tidak mempunyai kendaraan enggan berpergian.

Dari dua masalah di atas dapat kita simpulkan bahwa jika bahan pokok di masyarakat melonjak harganya Dan BBM naik dampaknya pendapatan masyarakat berkurang makan akan terjadi dampak perekonomian sulit di kalangan masyarakat menengah. 

Demikian sedikit informasi mengenai aksi demonstrasi yang digelar pada hari Senin, 11 April 2022. Semoga bermanfaat.***

Penulis:Nurhayati perbankan syariah A/4





BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline