Lihat ke Halaman Asli

Nur Haswindar

Mahasiswa

Perbedaan Strategi Pemasaran Jasa dan Produk serta Bauran Pemasaran

Diperbarui: 25 Maret 2024   16:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

APA PERBEDAAN STRATEGI PEMASARAN JASA DAN PRODUK?

Strategi pemasaran jasa dan produk tidaklah jauh berbeda. Dalam pelaksanaannya terdapat hal-hal yang membedakan dalam pelaksanaannya namun tidaklah signifikan. Dalam strategi pemasaran jasa pemasaran terkesan rumit dikarenakan jasa yang bersifat nonmaterial.  Sedangkan, dalam pelaksanaan strategi pemasaran produk lebih terukur karena adanya barang nampak yang ditawarkan. Adapun perbedaan yang spesifik adalah:

1.Perbedaan dalam menawarkan

Dalam menawarkan barang dapat lebih leluasa dan berfokus pada kualitas barang yang berwujud. Sedangkan, dalam menawarkan jasa lebih kepada pengalaman pengguna jasa yang akan dipromosikan sebagai hal yang akan meyakinkan  konsumen.

2.perbedaan dalam pengelolaan sumber daya

Dalam pengelolaan sumber daya produk, lebih memfokuskan dalam produksi barang yang efesien. Sedangkan, dalam pengelolaan sumber daya  jasa lebih memfokuskan kepada pengelolaan sumber daya manusianya agar dapat memberikan pengalaman yang baik kepada konsumen.

3.Pelaksanaan pelayanan

Dalam pelaksanaannya terdapat perbedaan dalam pelaksanaannya. Dalam pelaksanaan pelayanan jasa lebih mengutamakan pengalaman sedangkan dalam pelaksanaan pelayanan produk lebih kepada produk yang berkualitas.

Perbedaan antara pemasaran produk dan jasa terletak pada tujuan dan strateginya. Pemasaran produk melibatkan promosi dan penjualan barang berwujud, sedangkan pemasaran jasa berfokus pada promosi pengalaman tidak berwujud, menekankan atribut seperti layanan pelanggan dan kepuasan.

BAGAIMANA HUBUNGAN BAURAN PEMASARAN DENGAN STRATEGI PEMASARAN PERUSAHAAN?

Hubungan bauran pemasaran dengan strategi pemasaran perusahaan adalah bauran pemasaran sebagai salah satu faktor dalam suksesnya strategi pemasaran. Dalam bauran pemasaran mengacu pada 4P yakni product (produk), price (harga), place (tempat), dan promotion (promosi). Dalam strategi pemasaran yang mengacu pada 4P yakni:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline