Setiap pelaksanaan pembelajaran seorang pendidik perlu melakukan refleksi terhadap diri dan ketercapaian pembelajaran yang dilaksanakan di dalam kelas. Hal ini dilakukan agar pendidik memahami apa yang belum dilakukan atau tahapan yang belum dilakukan pada saat aktivitas pembelajaran di kelas. Semua ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan dan kualitas pendidikan pada peserta didik untuk mengakomodir voice choice dan ownership peserta didik SMP N 5 Cikupa.
Sebagai seorang pendidik yang mengampu pelajaran bahasa inggris yang notabene cenderung sulit bagi anak yang berada pada fase D. Pada hari Kamis tanggal 14 November 2024 saya melakukan pembelajaran di kelas yang jumlah peserta didiknya 35 orang. Sebelum pembelajaran sebagai pendidik saya mengkondisikan kelas terlebih dahulu dan memastikan kondisi kelas kondusif. rapi dan bersih. Setelah semua di check pendidik melakukan tahapan pembelajaran awal yaitu berdoa, melakukan mindfullness dan melakukan checking absensi dengan menyebutkan satu kata dalam bahasa inggris yang berhubungan dengan materi pada saat itu. Materi My house Chores tentang aktivitas di rumah. Pendidik memannggil nama siswa one by one dengan menyebutkan satu kata dalam bahasa inggris beserta artinya . Contoh AAn dan Aan akan menjawab Cleaning artinya membersihkan begitu seterusnya. Setelah memastikan absensi peserta didik saya menyampaikan tujaun pembelajaran
Mindfulness dilakukan untuk menentralisir emosi dan feeling peserta didik ketika memulai pembelajaran sehingga mereka ready untuk melakukan pembelajaran. Sebagaimana yang diketahui SMP N 5 Cikupa menggunakan kurikulum merdeka yang ada nilai profil pelajar pancasila yang perlu dimasukkan atau diintegrasikan pada modul ajar. Agar profil pelajar pancasila ini bisa familiar dan menjadi character yang perlu dimiliki oleh peserta didik untuk itu kami di dalam kelas menyanyikan lagu pelajar pancasila . Setelah pembalajaran selesai di sampaikan saya melakukan refleksii diri dalam edukasi.
Refleksi materi My house Chores .
Facts
Setelah memberikan materi pada peserta didik Alhamdulillah pembelajaran berjalan sesuai dengan langkah pembelajaran yang ada pada modul ajar. Sebagai pendidik tentunya hal tersebut merupakan impian dan suatu focus yang harus dicapai pada saat pembelajaran agar berjalan maksimal. Semua peserta didik aktif dalam pembelajaran . Semua mengikuti pembelajaran dengan penuh semangat . Salah satu indikatornya mereka bersemangat menjawab quiz dengan menggunakan aplikasi quiziz dan portaldiksekolah. Pengerjaan LKPD di selingi dengan isnrument yang membuat mereka rilex dalam mengerjakan tugas. Hal baik yang saya lakukan adalah mampu mengarahkan anak yang tidak mau bergabung dengan temannya. Pada pembelajaran kali ini ada hambatan yang saya alami yaitu beberapa anak mengalami kendala tidak bisa mengakses quiziz. Sebagai pendidik saya mencarikan alternatif lain yaitu anak anak menggunakan portaldik untuk mengerjakan quiz itu dan bagi anak yang tidak membawa Hp saya memberikan lembaran LKPD
Feeling
Pada saat memberikan materi My house Chores pada peserta didik saya merasa happy sekali karena anak yang saya dampingi bersemangat dan korporatif dalam mengikuti pembelajaran. Senangnya rasa hati ini ketika anak yang introvert bisa bergabung dengan temannya. Anak yang pemalu menjadi berani untuk terlibat dalam share in pairs. Anak yang tidak bersemangat dalam mengerkakan LKPD menjadi bertanggung jawab.
Finding
Pembelajaran yang saya dapatkan saat memberikan materi my house chores adalah senantiasa memiliki alternatif solusi lain untuk memberikan pelayanan maximal pada peserta didik jika menggunakan It atau aplikasi atau penggunaan refernsi belajar. Sebagai pendidik perlu kreatif dan inovatif di dalam kelas dan menggunakan waktu dengan baik dan membuat peserta didik nyaman dalam belajar
Future