Dunia pendidikan perlu melakukan terobosan dan inovasi dalam meningkatkan skill peserta didik di bidang bahasa terutama bahasa inggris.
Ada banyak cara dan tips untuk meningkatkan skill tersebut yang tentunya butuh usaha dan kolaborasi extra antar pendidik dan peserta didik serta seluruh stake holder satuan pendidikan.
Cara ini perlu dilakukan karena bahasa yang dipelajari cenderung dianggap sulit dan sukar untuk di praktekkan. Tanpa disadari sebenarnya bahasa inggris itu sudah digunakan dalam berbagai alat. Alat rumah tangga,alat komunikasi,alat kesehatan.alat transportasi dan lain-lain.
Media sosialpun menggunakan istilah asing yang sering digunakan adalah bahasa inggris.
Peserta didik lebih cepat memahami istilah tersebut karena visualisasi mereka diaktifkan dan sering dilihat pada penggunaan media sosial dan aplikasi yang ada pada media sosial tersebut. Media sosial yang familiar bagi gen-Z seperti tiktok,IG,FB, dan lain-lain. Semuanya bisa diakses oleh mereka.
Sebagai pendidik perlu kreative untuk improvisasi skill peserta didik. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan membuat positive word, wall quotes,dan wall word di kelas yang di dampingi.
Semua itu dibuat oleh peserta didik dengan penuh gembira. langkah yang dilakukan adalah peserta didik diinstruksikan menggunakan Gaway untuk mencari kata-kata yang di butuhkan untuk membuat wall word, positive word dan wall quotes.
Kata tersebut di buat dengan menggunakan sticky note warna warni dan ditempelkan di kertas plano dan di pasang di dinding kelas yang gampang di lihat dan dibaca peserta didik.
Tulisan yang dibuat berdasarkan apa yang mereka rasakan atau yang mereka inginkan untuk di buat. Kertas sticky note itu di buat kreasi bagus sesuai imoji mereka dan hiasan yang mereka suka.
Peserta didik antusias sekali dalam melakukan kegiatan ini. Mereka bangga terhadap inspirasi yang di tuangkan dalam kata kata tersebut.
Positive word yang di buat merupakan keinginan dan goal yang mereka inginkan. Contoh positive word " i am great, i am the winner, I am smart dan lain-lain.