Lihat ke Halaman Asli

Nurhasanah

Mahasiswa

Analisis Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen Di Wulan Shop Kecamatan Setu

Diperbarui: 1 November 2024   16:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber gambar: Peneliti 2024

BAB II 

TINJAUAN PUSTAKA

 

2.1     Manajemen Pemasaran       

           Menurut Indrasari (2019:08) mendefinisikan manajemen pemasaran sebagai sekumpulan tindakan yang mencakup analisis, perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan pengendalian suatu kegiatan pemasaran dengan tujuan untuk mencapai target perusahaan secara efektif dan efisien. Selain itu, manajemen pemasaran dapat digunakan sebagai alat untuk analisis, perencanaan, penerapan serta pengendalian suatu program dalam perusahaan yang sudah dirancang untuk menciptakan, membangun, dan juga mempertahankan bisnis. Selanjutnya, manfaat ini digunakan untuk mencapai tujuan utama sebuah bisnis atau perusahaan.

           Menurut (Satriadi, et al., 2022:8) Manajemen pemasaran terjadi ketika setidaknya satu pihak dari pertukaran potensial memikirkan cara untuk mendapatkan tanggapan dari pihak lain sesuai dengan keinginan. Manajemen pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi, dan distribusi ide, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memenuhi tujuan individu dan organisasi. Jadi, manajemen pemasaran adalah proses yang melibatkan analisis, perencanaan, implementasi dan pengendalian tergantung pada pertukaran dan dengan tujuan menghasilkan kepuasan bagi pihak-pihak yang terlibat.

2.1.1     Fungsi Manajemen Pemasaran

              Menurut Panjaitan (2018:19), beberapa fungsi manajemen pemasaran adalah sebagai berikut:

1) Perencanaan Pemasaran

Perencanaan segala sesuatu sebelum dilakukan kegiatan pemasaran maka meliputi tujuan, strategi, kebijaksanaan serta taktik yang akan dijalankan.

2) Implementasi Pemasaran

Proses pemasaran yang mengubah strategi dan rencana pemasaran menjadi tindakan pemasaran yang digunakan untuk mencapai sasaran. Implementasi mencakup aktivitas sehari-hari secara efektif melaksanakan rencana pemasaran. Kegiatan ini dibutuhkan program tindakan yang menarik semua orang atau semua aktivitas serta struktur organisasi formal yang dapat berperan penting dalam mengimplementasikan strategi pemasaran.

3) Pengendalian atau Evaluasi kegiatan pemasaran

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline