Lihat ke Halaman Asli

Nur Hanifah

Pembelajar Sepanjang Hayat

Implementasi Kurikulum Merdeka di Gugus 03 TK Kecamatan Tulangan

Diperbarui: 10 Juli 2023   12:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Mengutip dari  Wikipedia, Taman Kanak-Kanak (TK) adalah jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD) dalam bentuk pendidikan formal yang bersedia untuk anak berumur 6 tahun ke bawah. Kurikulum TK ditekankan pada pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Sejak resmi diluncurkan oleh Medikbudristek Nadiem Makarim pada Februari 2022 Kurikulum Merdeka Belajar adalah bentuk evaluasi dari kurikulum sebelumnya, yakni Kurikulum 2013.

Kurikulum merdeka dinilai memberikan keleluasaan kepada pendidik untuk menciptakan pembelajaran berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan belajar peserta didik.

Oleh karena itu, Kelompok Kerja Gugus 03 TK Kecamatan Tulangan mengadakan kegiatan berupa Pengimbasan IKM di TK DWP Kajeksan pada Senin, 10 Juli 2023.

Penyampaian materi tentang Desain KOSP PAUD oleh Bu Lailil Luhul Mahfudloh, S.Pd selaku perwakilan gugus 03 yang mengikuti pelatihan IKM yang diadakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo.

"Mari teman-teman kita mengimplementasikan kurikulum merdeka dalam pembuatan KOPS agar lembaga kita semakin maju dengan mengikuti kurikulum yang berlaku saat ini" ucap Bu Lailil. 

Para anggota Gugus 03 sangat antusias berdiskusi tentang Pembuatan KOSP, Modul Ajar serta mengenal prinsip Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) melalui gerak dan lagu.

Melalui kegiatan ini diharapkan agar Implementasi Kurikulum Merdeka dapat diterapkan dengan baik di lembaga anggota Gugus 03 diantaranya yaitu TK Moengil, TK DWP Tulangan, TK DWP Singopadu, TK DWP Kajeksan, TK DWP Tlasih, TK DWP Medalem, TK DWP Kemantren serta TKM NU Wachid Hasyim.

Kelompok Kerja Gugus 03 TK Kecamatan Tulangan (Dokpri)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline