Lihat ke Halaman Asli

Pentingnya IQ dan EQ untuk Kesuksesan Masa Depan

Diperbarui: 10 Oktober 2024   20:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sering kali kita dihadapan kedalam dua pilihan, lebih penting kecerdasan emosional atau kecerdasan intelektual sih?. Faktanya keduanya sama sama penting untuk meraih kesuksesan dimasa depan.

Kecerdasan intelektual berkaitan dengan kemampuan kognitif, seperti kemampuan berfikir kritis, memecahkan masalah. Orang Dengan IQ yang tinggi biasanya lebih mudah memahami suatu konsep yang abstrak dan cenderung lebih mudah menyelesaikan soal yang relatif susah

Sedangkan kecerdasan emosional berkaitan dengan kemampuan dalam mengendalikan dan memahami emosi baik untuk dirinya sendiri dan orang yang ada disekitarnya.

Orang dengan EQ yang baik ini biasanya lebih memiliki empati yang tinggi dalam memahami perasaan orang lain dan perasaan dirinya sendiri. Selain itu juga lebih bisa mengendalikan emosi yang buruk dan dapat merespon situasi dengan baik.

Dengan demikian karena sama sama pentingnya dua kecerdasan tersebut tiap orang pasti memiliki salah satu yang menonjol dalam diri mereka baik itu kecerdasan emosional ataukah kecerdasan intelektual. Dua duanya memiliki kelebihan masing masing yang pasti akan lebih utama lagi kalau menguasai dua kecerdasan tersebut.

Orang yang memiliki kecerdasan intelektual yang baik akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan untuk meraih kesuksesan dimasa yang akan datang. Namun tanpa diimbangi dengan kecerdasan emosional kesuksesan tersebut tidak akan bertahan dengan lama.

 Disisi yang lain orang yang memiliki kecerdasan emosional akan lebih kuat dan mudah membangun hubungan dengan sesama, dapat mengatasi masalah dengan baik dan diselimuti kebahagiaan. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline