Lihat ke Halaman Asli

Nur Halizah Tolan

Mahasiswa Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Sosialisasi Resiliensi

Diperbarui: 8 Januari 2024   13:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS


SMA Ar Rohmah Putri Islamic Boarding School, Malang, Jatim, menggelar sosialsiasi resiliensi, Sabtu (13/5/2023) pagi. Sosialisasi dikemas dengan sharring session di aula SMA Ar Rohmah Putri, kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh siswi dari kelas 10 dan 11.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk semina. Adapun materi yang disajikan, dibawakan oleh tiga pemateri, dengan tetap mengacu pada satu tema besar yang terbagi dalam tiga poin utama. Nur Halizah Tolan sebagai pembicara pertama menyampaikan tema pertama dari resiliensi diri yaitu Menghadapi (pengenalan terhadap masalah). Disusul oleh Erlina Asrofatul Insani yang menyajikan fase tahapan Melewati (Solusi terhadap masalah)dan diakhiri dengan refleksi manis oleh Syahrani Hasyim, yang membawakan materi Bertahan (tahap preventif) dalam proses resiliensi diri.

 Adapun kegiatan ini merupakan inisiatif kelompok penulis sebagai mahasiswa psikologi yang menyadari pentingnya mendukung peranan guru BK dalam  mendampingi kualitas mental siswa di sekolah. Terkhusus lagi sebagai sesama pelajar dan generasi muda, penulis dan kelompok meyakini bahwa terdapat nilai positif tambahan dalam kegiatan ini yang akan memaksimalkan bimbingan psikologis terhadap siswa. Terlebih lagi, jika kegiatan ini diartikan sebagai salah satu upaya generasi muda terhadap sesama generasi muda untuk saling mendukung satu sama lain pada konteks dukungan psikologis dalam pendidikan, maka akan menjadi penghargaan dan apresiasi yang besar kepada setiap elemen yang terlibat, khususnya kepada siswa dan pelajar lainnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline