Lihat ke Halaman Asli

Nurhalizah Kusuma

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Kelompok 38 Gelombang 3 di TK Kartika X-5 Pusdik Arhanud

Diperbarui: 16 Oktober 2023   08:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: dokumentasi pribadi

Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM), kelompok 38, gelombang 3 Universitas Muhamadiyah Malang (UMM) melakukan kegiatan yaitu " Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di Tk Kartika X-5 Pusdik Arhanud" yang berlokasi di Jl. Ksatrian Arhanud, Pendem, Kec. Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur. Kegiatan PMM ini telah dimulai pada tanggal 17 Juli hingga 18 Agustus 2023. 

Program Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa (PMM) adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa UMM baik secara perorangan maupun perkelompok yang bertujuan untuk memberikan manfaat kepada Masyarakat sesuai dengan peraturan yang berlaku di UMM /peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai bentuk Darma Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa. 

Kegiatan Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhamadiyyah Malang (UMM).

Disini kami melakukan kegiatan PMM ini secara berkelompok yang beranggotakan 5 orang yaitu : Sia Sintya, Rororatih Alfitriyani F, Atikah Rahmah, Quina dan Nurhalizah Kusuma. Dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini dibawah Bimbingan Ibu Yuni Nurhamida, S.Psi, . M.Si selaku Dosen Pembimbing Lapang (DPL).

Pengabdian Masyarakat oleh mahasiswa (PMM) ini juga sebagai payung program kegiatan pengabdian terhadap masyarakat di UMM yang salah satu bagian dalamnya termasuk program Kuliah Kerja Nyata (KKN). 

Tk Kartika X-5 Pusdik Arhanud merupakan taman kanak-kanak yang berada di bawah naungan Yayasan milik TNI AD di bidang Pendidikan. Disini kami kelompok 38 gelombang 3 melakukan kegiatan yaitu Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Pembentukan Karakter Anak Usia Dini, kami mahasiswa PMM melakukan salah satu kegiatan bersama anak-anak Tk yaitu kegiatan Psikologi Bermain Lorong Aksara. Terdapat beberapa game di Psikologi Bermain Lorong Aksara ini seperti Mewarnai, Lorong Aksara Membaca, Mencari Gambar, dan Menyebut Gambar. 

Salah satu manfaat dari Psikologi Bermain Lorong Aksara ini berguna untuk mengembangkan aspek perkembangan kognitif seperti anak menjadi lebih Perhatian, Fokus, Kemampuan Dalam Daya Mengingat, Perkembangan Bahasa, Psikomotorik, Logika, dan Penalaran. 

Selain itu terdapat manfaat lainnya seperti Motorik Kasar Anak Usia Dini. Motorik Kasar Anak Usia dini adalah bagian dari sebuah perkembangan fisik motorik anak yang merupakan salah satu dari lima aspek perkembangan yang perlu dikembangkan pada anak usia dini. Manfaat pengembangan Motorik Kasar bagi anak usia dini adalah untuk meningkatkan kemampuan Mengelola, Mengontrol Gerakan, dan Koordinasi, serta Meningkatkan Keterampilan dan Cara Hidup Sehat (Samsudin, 2008).

Setelah melakukan kegiatan yang di mulai dari tanggal 17 juli hingga 18 Agustus di Tk Kartika X-5 Pusdik Arhanud, kami kelompok 38 gelombang 3 memberikan Cinderamata kepada kepala sekolah Tk kartika X-5 Pusdik Arhanud sebagai kenangan-kenangan kami dan juga sebagai ucapan termah kasih karna disini kami diterima baik dan banyak pembelajaran yang kami dapatkan.

Sumber gambar: dokumentasi pribadi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline