Lihat ke Halaman Asli

nurhalimah zulkifli

Guru SMA Negeri 1 Mempura

Penggunaan Metode Diskusi Melalui WAG untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa

Diperbarui: 5 November 2020   23:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Di masa pandemi ini banyak hal yang berubah dalam kehidupan kita sehari-hari, salah satunya di dunia pendidikan. kegiatan belajar mengajar tidak lagi bisa terlaksana seperti biasanya. Pembelajaran dimasa pandemi sekarang ini bergantung kepada jaringan dan juga paltform yang dipilih oleh sekolah dalam proses belajar mengajar.  

Dukungan pemerintah dalam tunjukan dengan pemeberian kuota belajar kemendikbud kepada selurh siswa diindonesia, sehingga  ruang kelas sekarng tergantikan dengan adanya virtual class melalui zoom meeting, googlemet, ada juga yang memilih  menggunakan google clasroom atau yang lainya.

WAG (WhatsApp Group) merupakan salah satu yang bisa digunakan sebagai ruang kelas dimasa pandemi ini. selain mudah dalam penggunaanya siswa juga telah terbiasa dalam menggunakan WAG dikehidupan sehari hari. melalui WAG guru bisa share vidio pembelajran, PPT, dan materi yang digunakan dalam pembelajara. dalam pembelajran bahasa inggris voice note juga sangat membantu jika kita ingin mengetahua kemampuan siswa dalam bebicara. 

kemampuan siswa dalam membaca dan menganalisi teks bahasa inggris sangatlah rendah. diskusi kelompok  merupakan salah satu pilihan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemauan membaca siswa. kegitan ini bisa dilakukan dengan membentuk kelompok kecil dari grup WA yang ada. guru juga bisa ikut serta di grup tersebut untuk memantau jalannya dikusi, sehingga kemapuan dan pemahan siswa juga dapat langsunya terlhat oleh guru. 

Siswa sekarang selalu menggunakan jalan pintas jika mereka menemukan kata-kata sulut dan tidak mereka pahami. sebagian besar dari mereka ada yang menggunakan transtool dan banyak aplikasi lainnya dalam menyelesaikan tugas atau soal yang diberikan sehingga pembelajran bahas inggris kurang bermakna dimasa sekarang ini. Dengan adanya guru yang ikut serta di grup kecil tersebut gur bisa membantu kelompok yang kesulitan dan memantau jalannya diskusi .

di sini penulis ingin menyampaikan rmetode apapun yang digunakan dalam pembelajaran, sebagai guru yang terpenting adalah bagaimana kita memaksimalkan penggunaan ruang kelas digital yang telah dipilih dalam proses pembelajan di masa pandemi.

Semoga pandemi ini segera berakhir dan kita bisa kembali mengajar sebagaimana mestinya dan tetap memanfaatjkan ilmu yang didapat dimasa pandemi untuk diterapkan nantinya dalam pembelajaran ke depannya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline