Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan mengadakan program kegiatan PLP 2 yang diikuti mahasiswa di sekolah-sekolah yang terletak tidak jauh dari titik kampus FKIP UHAMKA. Sebagai instansi yang melahirkan calon guru professional serta generasi muda dan berkemajuan, FKIP UHAMKA memiliki program kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan 2 (PLP 2). PLP 2 adalah tahapan kedua dalam pengenalan lapangan persekolahan program sarjana pendidikan yang dilaksanakan pada semester ketujuh saat ini
UHAMKA memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang sudah mengajar untuk melaksanakan PLP 2ini secara mandiri di sekolah tempat mengajarnya atau disebut juga PLP 2 MANDIRI. Saya salah satu mahasiswa yang mengikuti program PLP2 MANDIRI dikarenakan sudah mengajar di salah satu SD swasta di dekat daerah rumah saya. Jadi saya tidak berkelompok seperti yang lain.
Sosialisasi dan pengarahan sebelumnya sudah dilaksanakan serentak dan diikuti oleh seluruh program studi di kampus FKIP UHAMKA. Bimbingan oleh dosen pembimbing lapangan (Ibu Ika Yatri , M.Pd) juga sudah dilaksanakan secara offline. Kegiatan PLP 2 dilaksanakan pada tanggal 2 Oktober 2023 sampai dengan 4 Desember 2023. Dimana pada hari pertama saya melaksanakan kegiatan PLP 2, saya memberikan surat izin atau tugas untuk melaksanakan PLP di sekolah tersebut kepada kepala sekolah (Ibu Sinta Julianti Taalawasen, S.Sos, S.Pd) dan wakil kepala sekolah (Mela Nurlaela, S.Pd), serta guru pamong saya yaitu (Ibu Rina FitriaAnik Rodiah, S.Pd) SDS GAYA REMAJA.
Tujuan diadakannya PLP 2 ini ialah sebagai pembekalan untuk mahasiswa sebelum terjun langsung di sekolah yang telah di tentukan. Dengan diadakannya program kegiatan PLP 2 ini diharapkan nantinya mahasiswa PGSD FKIP UHAMKA mempunyai etika, empati, kecerdasan emosional dan kecerdasan sosial yang nantinya akan dicontohkan kepada anak-anak murid agar bisa menjadi guru yang berhasil. Selain itu dengan diadakannya program kegiatan PLP 2 ini saya harus menunjukan sikap disiplin, cerdas, dan mampu menciptakan suasana belajar yang nyaman, menyenangkan, dan mudah dipahami bagi para peserta didik.
Pelaksanaan program kegiatan PLP 2 berlangsung dengan kurun waktu kurang lebih 2 bulan. Pada ketetapan pelaksaan PLP 2 selama 2 bulan di Sekolah Dasar, adapun adminitrasi yang harus saya penuhi ialah:
- Kegiatan mengajar tatap muka langsung minimal 8 kali pertemuan untuk setiap individu.
- Perangkat pembelajaran yang disiapkan untuk kegiatan mengajar tatap muka langsung minimal 8 kali pertemuan untuk setiap individu.
- Video kegiatan mengajar tatap muka langsung minimal 8 kali pertemuan untuk setiap individu.
- Jurnal refleksi mengajar tatap muka langsung minimal 8 kali pertemuan untuk setiap individu.
- Jurnal harian selama kegiatan PLP 2 berlangsung untuk setiap individu.
- Video selama kegiatan PLP 2 yang berdurasi 15 menit untuk kelompok.
- Laporan yang mencakup lampiran selama kegiatan PLP 2 berlangsung untuk kelompok.
- Surat kabar atau berita online selama kegiatan PLP 2 berlangsung untuk kelompok.
Kegiatan PLP 2 dilaksanakan secara offline atau tatap muka langsung. Kegiatan PLP 2 yang diikuti mahasiswa FKIP UHAMKA dilaksanakan selama 4 hari, terhitung mulai dari hari Senin-Kamis. Adapun pembiasaan-pembiasaan yang dilakukan oleh peserta didik SDS Gaya Remaja, yaitu;
- Pembiasaan hari Senin, diawali dengan kegiatan upacara.
- Pembiasaan hari Selasa, diawali dengan kegiatan senam Bersama dan makan sehat dilakukan di lapangan dan diikuti oleh seluruh peserta didik, guru, dan staff SDS Gaya Remja
- Pembiasaan hari Rabu, diawali dengan kegiatan pramuka yang dipimpin langsung oleh guru pramuka (Kakak taufik ).
- Pembiasaan hari Kamis, diawali dengan kegiatan literasi di lapangan dan diikuti oleh seluruh peserta didik dan guru.
- Pembiasaan hari Jumat , diawali dengan sholat dhua dan tadarus bersama di lapangan diikuti oleh semua peserta didik yang muslim , guru dan staff SDS Gaya Remaja. Dan kegiatan keagamaan bagi peserta didik non islam.
Saya berharap, pengalaman mengajar selama 2 bulan yang saya dapatkan dari SDS Gaya Remaja ini, dapat menjadi acuan dan pedoman bagi saya sebagai tenaga pendidik yang kelak akan ikut mengisi di dunia pendidikan dan dapat mencerdaskan generasi penerus bangsa. Serta bukan hanya menjadi tenaga pengajar yang hanya mentransfer ilmu, namun sebagai motivator, fasilitator, dan pembimbing yang baik bagi peserta didik.
Terimakasih yang tak pernah luput kami sampaikan kepada:
- Ibu Sinta Julianti Taalawasen, S.Sos, S.Pd, Selaku Kepala Sekolah SDS Gaya Remaja yang telah mengijinkan dan membantu kami dalam melakukan observasi.
- Ibu Ika Yatri, M.Pd selaku dosen pembimbing lapangan
- Ibu Novanita Whindi Arini, M.Pd, Selaku Kepala UPT PLP FKIP UHAMKA
- Ibu Anik Rodiah, S.Pd, selaku Guru Pamong Program PLP 2 di SDS Gaya Remaja yang telah memberikan bimbingan dalam menyelesaikan kegiatan PLP 2.
- Rakan-rekan guru dan peserta didik di SDS Gaya Remaja yang telah ikut berpartisipasi.
- Kedua orang tua kami yang telah memberikan doa serta membantu secara moril dan materil.