Wirausaha merupakan orang yang mampu mengenali atau membuat produk baru, menentukan cara baru dalam proses produksi, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya serta mengatur permodalannya.
Wirausaha muda adalah generasi terbaru yang terbilang dini dalam dunia bisnis serta mempunyai pandangan yang baru terhadap bisnis dan mempunyai ide-ide inovatif dan cemerlang dengan cara mereka sendiri tanpa harus memerlukan izin dari siapapun.
Di era globalisasi ini banyak mahasiswa yang memiliki usaha di sela-sela melakukan perkuliahan, hal ini bisa dijadikan uang pemasukkan walaupun penghasilannya berbeda dengan orang yang memang fokus berwirausaha. Kuliah bukan menjadi hambatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi kewirausahaannya. Apalagi Lapangan kerja yang sempit merupakan hambatan bagi lulusan perguruan tinggi. Di Indonesia, pendidikan tinggi bukan jaminan untuk seseorang dapat hidup layak dan mudah mencari pekerjaan. Ini terbukti dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia yang menyatakan bahwa masih tingginya angka pengangguran terbuka lulusan dari perguruan tinggi di Indonesia pada bulan Agustus 2020, yakni berjumlah 29,12 juta jiwa.
Berikut ada beberpapa faktor pendorong mahasiswa untuk berwirausaha
1. Motivasi berwirausaha
Motivasi merupakan dorongan dalam diri seseorang untuk melakukan sesuatu. Beberapa orang yang berhasil di dunia ini kebanyakan mereka yang memiliki motivasi yang kuat, sehingga ada suatu hal yang mendorong mereka untuk melakukan atau mencapai sesuatu. Oleh karena itu semakin kuatnya motivasi seseorang seringkali semakin tinggi peluang berhasil. Disitulah menunjukkan pentingnya motivasi dan pentingnya setiap tindakannya.
2. Peluang
Pendorong Mahasiswa dalam berbisnis adalah kemampuannya dalam melihat peluang. Mahasiswa dapat melihat peluang dari masalah yang terjadi dalam lingkungan sekitar maupun dari tren yang ada, ketika peluang yang ada sudah terlihat maka dibutuhkan usaha untuk merealisasikannya mulai dari perancangan, survei hingga mempersiapkan sumber daya untuk menjalankan bisnis tersebu.
3. Media sosial
Media sosial menjadi faktor pendorong mahasiswa untuk berwirausaha dengan banyaknya trik dan tips berwirausaha dan melihat postingan-postingan orang yang melakukan wirausaha di media sosial hal ini mendorong mahasiswa untuk berwirausaha.
4. Lingkungan