Lihat ke Halaman Asli

Nurhaisah

mahasiswa

Kuliah Sambil Berwirausaha

Diperbarui: 29 Oktober 2022   17:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Wirausaha merupakan orang yang mampu mengenali atau membuat produk baru, menentukan cara baru dalam proses produksi, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya serta mengatur permodalannya.

Wirausaha muda adalah generasi terbaru yang terbilang dini dalam dunia bisnis serta mempunyai pandangan yang baru terhadap bisnis dan mempunyai ide-ide inovatif dan cemerlang dengan cara mereka sendiri tanpa harus memerlukan izin dari siapapun.

Di era globalisasi ini banyak mahasiswa yang memiliki usaha di sela-sela melakukan perkuliahan, hal ini bisa dijadikan  uang pemasukkan walaupun penghasilannya berbeda dengan orang yang memang fokus berwirausaha. Kuliah bukan menjadi hambatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi kewirausahaannya. Apalagi  Lapangan kerja yang sempit merupakan hambatan bagi lulusan perguruan tinggi. Di Indonesia, pendidikan tinggi bukan jaminan untuk seseorang dapat hidup layak dan mudah mencari pekerjaan. Ini terbukti dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia yang menyatakan bahwa masih tingginya angka pengangguran terbuka lulusan dari perguruan tinggi di Indonesia pada bulan Agustus 2020, yakni berjumlah 29,12 juta jiwa.

Berikut ada beberpapa faktor pendorong mahasiswa untuk berwirausaha

1. Motivasi berwirausaha 

       Motivasi merupakan dorongan dalam diri seseorang untuk melakukan sesuatu.  Beberapa orang yang berhasil di dunia ini kebanyakan mereka yang memiliki motivasi yang kuat, sehingga ada suatu hal yang mendorong mereka untuk melakukan atau mencapai sesuatu. Oleh karena itu semakin kuatnya motivasi seseorang seringkali semakin tinggi peluang berhasil. Disitulah menunjukkan pentingnya motivasi dan pentingnya setiap tindakannya.

2. Peluang 

      Pendorong  Mahasiswa  dalam  berbisnis  adalah  kemampuannya  dalam  melihat  peluang.  Mahasiswa  dapat melihat peluang dari masalah yang terjadi dalam lingkungan sekitar maupun dari tren yang ada, ketika peluang yang ada  sudah  terlihat  maka  dibutuhkan  usaha  untuk  merealisasikannya  mulai  dari  perancangan,  survei  hingga mempersiapkan sumber daya untuk menjalankan bisnis tersebu.

3. Media sosial 

       Media sosial menjadi faktor pendorong mahasiswa untuk berwirausaha dengan banyaknya trik dan tips berwirausaha dan melihat postingan-postingan orang yang melakukan wirausaha di media sosial  hal ini mendorong mahasiswa untuk berwirausaha.

4. Lingkungan 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline