- "Peran Dan Pemanfaatan TIK Dalam Pendidikan"
Nur Hairra Agustin
Nurhairra16agustin@gmail.com
Program Srudi Pendidikan Luar Biasa
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Padang
ABSTRAK
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah mempermudah kehidupan manusia saat ini. Sebut saja telepon genggam, televisi, komputer dan internet. Teknologi tersebut sangat memudahkan manusia untuk mencari, menyebarluaskan dan mengolah informasi dengan begitu cepatnya. Perubahan telah terjadi pada setiap aspek kehidupan, salah satunya dalam bidang pendidikan. Kedekatan para siswa terhadap teknologi tidak terelakkan, karena inilah zaman mereka, karena mereka terlahir di era digital. Mereka akan cepat beradaptasi dengan kelahiran teknologi baru. Saat ini ataukah nanti, para siswa akan berhadapan dengan teknologi untuk menyelesaikan permasalahan di dunia nyata dalam pekerjaannya. Para siswa harus dipersiapkan untuk sukses dalam menghadapi masa depan, sehingga kebutuhan penguasaan TIK untuk para siswa tidak dapat dielakkan lagi. Masa depan bangsa terletak dalam tangan generasi muda. Mutu bangsa di kemudian hari bergantung pada pendidikan yang dikecap oleh anak-anak sekarang, terutama melalui pendidikan formal yang diterima di sekolah.
PENDAHULUAN
Perubahan lingkungan luar dunia pendidikan, mulai lingkungan sosial,ekonomi, teknologi, sampai politik mengharuskan dunia pendidikanmemikirkan kembali bagaimana perubahan tersebut mempengaruhinya sebagaisebuah institusi sosial dan bagaimana harus berinteraksi dengan perubahantersebut. Salah satu perubahan lingkungan yang sangat mempengaruhi dunia pendidikan adalah hadirnya teknologi informasi dan komunikasi.Perkembangan TIK yang amat pesat dan secara fundamental telahmembawa perubahan yang signifikan dalam percepatan dan inovasi penyelenggaraan pendidikan di berbagai negara. Bahkan terdapat tuntutan TIKyang sangat besar terhadap sistem pendidikan secara global karena teknologiyang berkembang menyediakan kesempatan yang sangat besar untukmengembangkan manajemen pendidikan dan proses pembelajaran di sekolah,hasil belajar siswa yang spesifik dapat diidentifikasi dengan pemanfaatanteknologi baru tersebut, dan TIK memiliki potensi yang sangat besar untukmentransformasikan seluruh aspek pendidikan di sekolah dan memanfaatkannyauntuk mencapai tujuan-tujuan pembelajaran.Peralihan kultur pembelajaran dengan mengintegrasikan teknologidigital ke dalam kegiatan belajar dan bekerja di sekolah hanya bisa tercapai bilakomunitas pendidikan memiliki komitmen yang kuat untuk memanfaatkan TIK.Kelompok komunitas tersebut adalah para praktisi pendidikan baik yang berkaitan dengan manajemen maupun proses belajar mengajar pada semuatingkatan dan unit pendidikan, yang terdiri atas guru, kepala sekolah, pengawas,staf administrasi, dan pejabat dalam lingkungan pendidikan. Yang tak kalah pentingnya adalah para subjek pendidikan dari semua jenjang yang terdiri atas peserta didik. Dalam konteks ini, pemanfaatan TIK harus direalisasikan untuk(a) pengelolaan pendidikan melalui otomasi sistem informasi manajemen danakademik berbasis TIK, dan (b) sistem pengelolaan pembelajaran baik sebagai materi kurikulum, suplemen dan pengayaan maupun sebagai media dalam proses pembelajaran yang interaktif serta sumber-sumber belajar mandiri yanginovatif dan menarik. Dengan kata lain, pendayagunaan TIK dalam manajemen pendidikan dan proses pembelajaran bertujuan untuk menfasilitasi penyelenggara dan peserta pendidikan guna mendorong peningkatan kualitas pendidikan.Beranjak dari penjelasan latar belakang tersebut maka judul Makalahyang dapat penyusun sajikan berjudul "Teknologi Informasi dan Komunikasidalam Bidang Pendidikan" yang mencakup proses perkembangan teknologi informasi dan komunikasi baik itu berupa pengertian, peranan, dampak, faktor,dan lain sebagainya yang mempengaruhi dunia pendidikan.
PEMBAHASAN