Lihat ke Halaman Asli

Nurhaida Hafni

Mahasiswi Strata 1 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Peran Teknologi Kahoot dalam Meningkatkan Partisipasi Siswa

Diperbarui: 30 Juni 2024   23:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

gambar pribadi

       Teknologi merupakan alat atau media dalam kegiatan pembelajaran. Di era modern seperti sekarang, perkembangan teknologi pun semakin pesat, tak terkecuali perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan. Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat terdapat dampak positif dalam dunia pendidikan yang dapat di ambil, yaitu salah satu nya adalah siswa dapat dengan mudah mengakses berbagai bahan ajar atau  materi pembelajaran secara online, tidak perlu memakan waktu dan biaya, karena siswa cukup mempunyai kouta internet dan siswa dapat mengakses bahan ajar atau materi pembelajaran dimana pun dan kapan pun.

     Perkembangan Teknologi yang semakin pesat seperti era saat ini, para guru dapat memanfaatkan perkembangan teknologi yang pesat seperti saat ini dengan baik, untuk meningkatkan peran aktif dan partisipasi para siswa ketika pembelajaran sedang berlangsung di kelas. Dalam pembelajaran, partisipasi siswa sangat penting dan diperlukan, untuk meningkatkan motivasi dan keaktifan siswa. Ketika siswa merasa terlibat dan memiliki peran aktif, mereka cenderung lebih bersemangat dan lebih siap untuk belajar. Selain itu, dengan berpartisipasi dalam proses pembelajaran, siswa dapat berpikir kritis dan menganalisis permasalahan, berbagi ide, pendapat, serta mengembangkan kemampuan berkomunikasi efektif dan beretika. Dengan demikian, partisipasi siswa dapat meningkatkan hasil belajar, meningkatkan kemampuan siswa dalam beradaptasi dan berinisiatif. Oleh karena itu, guru harus memberikan kesempatan bagi siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.

       Teknologi telah membuka peluang bagi pengembangan media pembelajaran yang lebih interaktif, efektif dan efisien. Perkembangan teknologi dalam dunia Pendidikan telah membawa perubahan yang signifikan. Perkembangan teknologi juga membantu meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangan kurikulum lebih mengikuti perkembangan zaman, relevan dan efisien. Selain itu, perkembangan teknologi juga membantu meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menghadirkan berbagai macam media pembelajaran yang dapat memudahkan para siswa untuk memahami materi pembelajaran.

    Salah satu media pembelajaran yang mengikuti perkembangan teknologi dan zaman adalah “Kahoot”. Kahoot sendiri merupakan salah satu media pembelajaran yang bisa digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Dengan menggunakan aplikasi Kahoot, siswa dapat berpartisipasi dalam berbagai macam pertanyaan yang telah dibuat oleh guru. Dengan menggunakan Kahoot pembelajaran di kelas lebih interaktif dan dapat melibatkan para siswa. Tentunya media pembelajaran kahoot ini akan meningkatkan partisipasi keaktifan siswa, meningkatkan hasil belajar siswa, dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Dengan demikian guru harus meningkatkan kemampuan menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi, agar pembelajaran di kelas tidak monoton dan semakin berkembang, serta inovatif, efektif dan efisien.

     Selain untuk meningkatkan partisipasi dan keaktifan siswa, media pembelajaran Kahoot juga dapat digunakan sebagai media evaluasi yang relevan, efektif dan efisien, sehingga guru dapat dengan mudah dalam menilai kemampuan siswa. Apakah ada perkembangan atau tidak, jika ada perkembangan maka media pembelajaran kahoot ini berhasil dalam meningkatkan partisipasi dan keaktifan siswa dalam pembelajaran di kelas, namun jika tidak ada perkembangan dalam pembelajaran maka guru perlu mengevaluasi terkait penyampaian dan materi yang diberikan di kahoot, karena terlepas dari siswa yang perlu evaluasi, guru pun memerlukan evaluasi untuk perbaikan kualitas pengajarannya.

   

Dari pembahasan diatas dapat di simpulkan bahwa :

  • Teknologi dalam Pembelajaran: Teknologi telah menjadi alat penting dalam kegiatan pembelajaran, memungkinkan siswa mengakses bahan ajar secara online dan meningkatkan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran.
  • Peran Guru: Guru harus memanfaatkan perkembangan teknologi untuk meningkatkan peran aktif dan partisipasi siswa, serta meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan berkomunikasi efektif.
  • Media Pembelajaran Kahoot: Kahoot adalah media pembelajaran yang interaktif dan efektif, membantu meningkatkan partisipasi, keaktifan, dan hasil belajar siswa. Guru harus meningkatkan kemampuan menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
  • Evaluasi: Media pembelajaran Kahoot juga dapat digunakan sebagai media evaluasi yang relevan, efektif, dan efisien, memungkinkan guru untuk menilai kemampuan siswa dengan mudah. Guru harus mengevaluasi terkait penyampaian dan materi yang diberikan di Kahoot jika tidak ada perkembangan dalam pembelajaran.

Dengan demikian, teknologi dan media pembelajaran Kahoot dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaran, meningkatkan partisipasi dan keaktifan siswa, serta meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan berkomunikasi efektif.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline