Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa UNTAG Surabaya Melakukan Sosialisasi Laporan Keuangan Sederhana bagi Warga Bendul Merisi Surabaya

Diperbarui: 13 Juni 2022   23:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar.1 Foto Bersama Warga Bendul Merisi 

Surabaya, 13 Juni 2022 - Nurhafila Linanda merupakan mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Surabaya telah melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) selama 12 hari dimulai dari 30 Mei - 12 Juni 2022 tepatnya di Bendul Merisi RT. 03 Rw. 08. Kegiatan ini di damping oleh Dosen Pembimbing Lapangan oleh Bapak Dr. Hwihanus, SE., MM., CMA agar berjalan dengan lancar dan sukses. 

KKN ini mengambil tema pengembangan UMKM. Tujuan dari program kerja yang dibuat Nurhafila mengedukasi warga yang memiliki usaha karena pada dasarnya laporan keuangan sangatlah penting untuk usaha yang dimiliki, sehingga dapat menerapkan laporan keuangan pada UMKM. Kurangnya kesadaran warga akan pentingnya laporan keuangan bagi UMKM, karena laporan keuangan adalah salah satu unsur penting tanpa adanya laporan terserbut usaha tidak teroganisir dan akan mengalami kerugian.

Gambar.2 Lala tengah melakukan Sosialiasi 

Kegiatan KKN ini dilakukan oleh Nurhafila atau yang biasa dipanggil Lala secara individu sesuai dengan domisili tempat Ia tinggal. Kegiatan KKN dilakukan secara individu bertujuan untuk mengembangkan potensi UMKM dimasa pemulihan pasca pandemi Covid-19. 

Sosialisasi yang dilakukan oleh Lala diikuti oleh warga Bendul Merisi yang memiliki berbagai jenis usaha seperti laundry baju, Konveksi Baju, Penjual Sayur Segar, dan lain sebagainya. Kegiatan Sosialisasi mengenai laporan keuangan ini penting diikuti oleh warga yang memiliki usaha agar warga paham cara membuat pembukuan keuangan dengan baik dan benar. 

Gambar.3 Mahasiwa UNTAG tengah menjelaskan Pembukuan Keuangan ke salah satu warga 

Selain sosialisasi tentang cara membuat laporan keuangan, Lala juga membuat pelatihan cara meningkatkan pendapatan dilihat dari segi laporan keuangan.  Dengan adanya pelatihan ini diharapkan warga yang mengikuti sosialisasi paham dan bisa menerapkan apa yang telah didapatkan selama kegiatan KKN berlangsung. 

"Terimakasih kepada Mahasiswa UNTAG Surabaya Mbak Lala yang telah memberikan penjelasan tentang pentingnya laporan keuangan sehingga kami yang memiliki usaha dapat meningkatkan hasil penjualan kami dari laporan keuangan tersebut. Semoga apa yang telah diberikan dapat bermanfaat bagi usaha kami." kata Ibu Desy selaku pemilik Usaha Konveksi Baju Bendul. 

#UntagSurabaya

#KitaUntagSurabaya

#UntukIndonesia

#UntagSurabayaKeren

#EcoCampus

#KampusKompeten




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline