Lihat ke Halaman Asli

Nur Hafidzah

UIN MALANG

MPI UIN Malang Gelar Kuliah Tamu untuk Pembekalan Magang MBKM

Diperbarui: 8 Maret 2023   23:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Prodi UIN Malang mengadakan kuliah tamu dengan tema manajemen humas dan komunikasi digital. Acara ini dilaksanakan di Aula Lt. 4 Fakultas Sains dan Teknologi UIN Malang yang dihadiri oleh seluruh mahasiswa MPI angkatan 2020, Rabu (8/3/2023) mulai pukul 08.00 hingga 12.00 waktu setempat.

Acara yang dinarasumberi oleh Dr. Atika Candra Larasati, M. Si sebagai creative director Hasta Group dan Altha Natrizia Rachmayanti Putri, S.E sebagai humas UIN Malang. Kegiatan pembekalan ini mengusung tema manajemen humas dan komunikasi digital. Kuliah tamu kali ini dipandu oleh Devi Pramitha, M.Pd.I dan Faridatun Nikmah, M.Pd yang merupakan dosen pengampu program studi Manajemen Pendidikan Islam UIN Malang.

Sejumlah mahasiswa dengan antusias mengikuti kuliah tamu dengan dua materi. Materi yang pertama di sampaikan oleh ibu Atika Candra Larasati dengan menyampaikan topik yang berjudul "Menjadi Humas dan Content Creator yang Baik". 

Pada sesi pemberian materi terdapat banyak penjelasan penjelasan, tujuan dari humas sendiri, serta bagaimana membuat konten yang berkualitas dan agar menarik banyak pengunjung. Hal pertama dilakukan oeh seorang  konten kreator yaitu dengan membuat ide, kualitas gambar atau video, terdapat teks, dubbing, bagaimana menggunakan kamera, dan body language atau ekspresi.

"Harus percaya diri, konsisten, dan harus memiliki satu keunikan sendiri apa yang kalian sampaikan dalam konten tersebut terhadap masyarakat. Sehingga penting banget membangun personal branding, dan pentingnya juga memiliki ide-ide baru," tegasnya.

Selanjutnya, pada sesi kedua dilanjutkan dengan pemberian materi yang kedua bertema komunikasi digital dalam kantor. Dimana fokus utama kegiatan kantor yang dibutuhkan adalah soft skill dengan berkomitmen dalam upgrade skill digital, story telling, empati, dan keingintahuan. Selanjutnya hal utama yang perlu dilakukan adalah dengan pemasaran konten, beriklan secara digital serta pentingnya penggunaan media sosial.

"pentingnya untuk menerapkan 3S (senyum, sapa dan salam) pada orang sekitar," ujarnya. Karena dengan 3S itu merupakan bentuk dalam pengambilan empati terhadap masyarakat sekitar.

Dokpri

Selanjutnya sesi terakhir kuliah tamu ini dengan penyerahan sertifikat pemateri serta mengabadikan foto dan video bersama di tempat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline