Lihat ke Halaman Asli

Nur Hadijah

Mahasiswa

Persepsi Perawat Tentang Etika dan Profesionalisme dalam Praktik Keperawatan

Diperbarui: 7 September 2024   13:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Etika dan prefesionalisme adalah beberapa fokus yang sangat penting bagi keperawatan yang memberikan arahan bagi perilaku perawat dan pengambilan keputusan. Perawat mendikte untuk mematuhi standar etika yang termasuk otonomi, kebaikan, tidak merugikan, dan keadilan etika mereka berlatih kegiatan sehari-hari. 

Peneliti menekankan bahwa persepsi perawat terhadap etika dan prefesionalisme Juga bisa berpengaruh pada praktik dan hasil pasien. Sebagai contoh, study yang diterbitkan dalam Journal of Nurshing Ethics menemukan bahwa perawat yang merasa memiliki tingkat prefesionalisme tinggi cenderung melakukan keputusan etis dan memberikan perawatan yang berkualitas. 

Adapun masalah etika  yang mungkin dihadapi perawat dalam praktik meliputi menjaga kerahasiaan, menghormati otonomi pasien, menangani konflik kepentingan, serta mengelola keputusan akhir hayat dan perbedaan budaya. Upaya untuk mempromosikan etika di keperawatan termasuk pendidikan berkelanjutan, komunikasi terbuka, mambangun budaya empati,serta kebijakan yang mendukung praktik etis dan penghargaan kepada perawat yang berprestasi.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline