Lihat ke Halaman Asli

Nurfitria

Mahasiswa Unesa

Tertarik Masuk Prodi Bk? Yuk Intip Dasar-dasar Tentang Prodi Ini!!!

Diperbarui: 30 Juli 2024   13:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Mengapa kita harus masuk ke Prodi Bimbingan dan Konseling?

Karena kita harus peduli dengan anak dan remaja terutama yakni pada peserta didik untuk membantu pengembangan diri pada peserta didik dan membantu permasalahan yang sedang dialami oleh konselor, saat guru yang lainnya membuat konselor harus paham dengan materi pembelajaran yang telah diajarkan tugas dari guru BK ini harus membuat peserta didik merasa aman dan mengetahui apa kendala yang sedang dialaminya agar tidak mengganggu proses pengembangannya.

Apa pengertian Bimbingan dan Konseling?

Dua kata tersebut memiliki makna yang berbeda tapi berkesinambungan, bimbingan sendiri bermakna proses membantu seseorang dalam mengambil keputusan yang penting dalam kehidupannya, seperti memilih gaya hidup yang diinginkannya yang terpapar dalam kegiatan menolong sesama untuk mengambil tindakan tentang pendidikan yang akan ditempuhnya atau karier yang akan dikejarnya. Sedangkan makna konseling menurut American Counseling Association (ACA) adalah penerapan prinsip-prinsip kesehatan mental, perkembangan psikologis atau manusia, melalui Intervensi kognitif, afektif, perilaku, atau sistemik, dan strategi yang mencanangkan kesejahteraan, pertumbuhan pribadi, perkembangan karier, dan atau patologi. Definisi ini dikemukakan untuk mencoba dan memenuhi kebutuhan berbagai tipe dan gaya konseling yang dipraktikkan oleh anggota ACA. Unsur-unsur definisi tersebut sangat penting untuk dipahami.

Seorang konselor berupaya untuk membantu konseling berani dalam mengambil keputusan ibaratnya konselor adalah perahu untuk membantu konseling menyeberangi laut. Tetapi seorang konselor tidak memberikan saran pada seorang konseling dan kalaupun memang harus memberikan saran harus melalui asesmen dan saran yang diberikan pun harus berbentuk opsional bukan perintah agar konseling mampu mengambil keputusan.

Di mana saja ruang lingkup dari Prodi Bimbingan dan Konseling?

Jika kamu ingin terjun di dunia pendidikan maka setelah lulus dari program studi ini kamu bisa melanjutkan karier sebagai, Kurikulum Bimbingan, Perencanaan Individual, Lavanan Responsif, dan Dukungan Sistem. Tapi tak perlu khawatir bagi kamu yang tidak mau terjun ke dunia pendidikan kamu bisa melanjutkan karier sebagai, konseling anak usia dini, konseling anak pra remaja, konseling anak remaja, konseling anak luar biasa, konseling individual, konseling kelompok, konseling keluarga, dsb.

Apa saja komponen program dan implementasi startegi layanannya?

*Layanan Dasar BK

Yakni untuk seluruh siswa, orientasi angka panjang serta mengoptimalkan layanan bk pribadi, sosial, belajar, karier untuk mengedukasi siswa menggunakan tema yang menarik dan sesuai dengan kondisi yakni berbasis kehidupan. Implementasi pada layanan dasar BK yakni layanan klasikal, bimbingan kelompok, layanan orientasi, bimbingan sebaya, dan layanan informasi.

*Layanan Responsif

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline