Lihat ke Halaman Asli

Berbagi Ilmu di "Zona Ilmu" Part 1

Diperbarui: 24 Juni 2015   02:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1390264813399499951

Berbagi Ilmu di Zona Ilmu Bukit Indah

Bismillah…

Sobat, kali ini aku akan berbagi perjalanan magangku di PT. PKN (Pesona Khatulistiwa Nusantara), yaitu sebuah Perusahaan Tambang yang ada di Tanjung Selor, Kalimantan Utara. Aku dan teman-temanku di tempatkan di devisi Community Development (ComDev), ComDev merupakan devisi yang bertugas dalam bidang pemberdayaan Masyarakat, yang terkena dampak tambang, ada beberapa bidang kerja ComDev yaitu Bidang Kesehatan dan Nutrisi, Pendidikan, Sosial Masyarakat dan Kesejahteraan Ekonomi. Sobat sudah banyak lho program ComDev yang sudah dirasakan oleh masyarakat, contohnya seperti : Beasiswa untuk siswa/siswi yang berprestasi, asrama siswa putra dan putri, pertanian terpadu, air bersih dan lain-lain. Sungguh mulia apa yang dikerjakan PT. PKN ya Sobat, tidak hanya mengambil batu bara untuk dijual tapi juga masih memperhatikan masyarakat sekitar yang terkena dampak dari aktifitas tambang batu-bara, mudah-mudahan dinilai ibadah ya sobat.

Nah, Sobat aku dan temanku membantu ComDev dalam bidang Pendidikan yaitu dengan memberikan pelatihan computer kepada guru-guru SD dan SMP, Murid SMA/SMK, dan Mahasiswa/I yang ada disekitar Tanjung Selor, wah kesempatan yang luar biasa ya sobat, dapat berbagi ilmu dengan saudara-saudara kita di Tanah Borneo.

Selain kegiatan diatas, aku dan teman-temanku juga diberikan kesempatan untuk berbagi ilmu dengan adik-adik yang ada di taman belajar “Zona Ilmu”, o iya Zona Ilmu itu sebuah taman belajar yang ada di desa Bukit Indah, Tanjung Selor, yang didirikan oleh ComDev PT. PKN lho sobat.

Hari ini, Minggu 12 Januari 2014, aku diberikan kesempatan untuk berbagi dengan mereka tentang ilmu computer, jarak tempuh Zona Ilmu dari Tanjung Selor Sekitar 40 Menit, lumayan lama juga sich, tapi bukan karena macet tapi jalanan menuju ke desa bukit indah banyak yang sudah rusak dan berlubang, bahkan ada yang belum diaspal, kata penduduk sekitar jalanan yang rusak karena dilalui mobil yang membawa kelapa sawit, mudah-mudahan ya sobat segera ada perbaikan.

Akhirnya aku sampai di Zona Ilmu, sebelum mulai belajar kami saling berkenalan terlebih dahulu, kemudian aku baru memberikan sedikit demi sedikit ilmu yang aku dapat, hari ini aku mengajar dasar-dasar ilmu computer, aku mengajari mereka Microsoft Word, setelah aku menjelaskan tools beserta fungsinya baru aku menyuruh mereka mencoba satu persatu. Tahu kan sobat, ada diantara mereka belum pernah menggunakan Laptop atau Komputer sama sekali lho, al hasil ya mereka menggerakan mouse dengan pelan dan gemeteran dan masih belum tahu susunan huruf keyboard. He he he. Nah ini yang membuatku lebih semangat mengajari mereka agar bisa menggunakan Komputer, sobat semangat mereka sangat luar biasa lho, sampai-sampai sudah jam 17.30 WITA ndak terasa . O iya sobat ada kebahagian disenyum mereka ketika mereka berhasil mempraktekkan apa yang sudah dipelajari, senyum dan bangganya mereka ketika berhasil, dan tentunya ya sobat senyum mereka juga senyumku..

Mudah-mudahan semangat belajar adik-adik yang ada di Zona Ilmu masih membara, meskipun fasilitas belajarnya masih terbatas, mudah-mudahan di desa yang lain juga ada taman belajarnya. Untuk adik-adikku aku titip secercah harapan ya kepadamu, semoga kelak apa yang kita pelajari hari ini bisa membantumu menuju pendidikan yang lebih tinggi dan bermanfaat untuk orang lain.

Sobat ini dokumentasi ketika aku dan teman-temanku berbagi ilmu di Zona Ilmu.

Zona Ilmu

13902650651694732815

Suasana Belajar di Zona Ilmu

13902651881841470633

Susana Belajar di Zona Ilmu

13902653182075528933

Suasana Belajar di Zona Ilmu




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline