Produk industri pariwisata
semua produk dan jasa yang dibutuhkan wisatawan untuk meninggalkan tempat tinggalnya, dan kembali ke tempat tinggal semula. produk pariwisata terdiri atas bermacam-macam elemen atau merupakan suatu paket yang tidak dapat terpisah.
Medlik dan Meddleton dalam Yoeti (1996), mengatakan bahwa terdapat tiga elemen yang menghasilkan produk industri pariwisata tersebut, yaitu:
1.Obyek wisata dan atraksi wisata yang terdapat di daerah tujuan wisata yang menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan.
2.Fasilistas yang dibtuhkan di tempat tujuan tersebut, mencakup sarana dasar, sarana penunjang, dan sarana pelengkap kepariwisataan.
3.Aksesibilitas, yaitu keterjangkauan untuk menghubungkan negara asal wisatawan (tourist generating countries) dengan daerah tujuan wisata (tourist destination area) serta keterjangkauan di tempat tujuan (local transportation) di tempat tujuan wisata.
Ketika ketiga elemen ini dikembangkan, sebelum elemen dasar industri pariwisata, ada produk, atau paket, yang dibutuhkan wisatawan untuk meninggalkan kampung halamannya dan kembali ke lokasi asalnya.
1. Layanan biro perjalanan untuk pengurusan dokumen perjalanan seperti paspor, izin keberangkatan, visa, tiket pesawat.
2. Jasa mengemudi atau bus untuk transportasi dari rumah ke bandara pada saat pemberangkatan (departure)
3. Sebuah layanan penerbangan yang membawanya ke tujuan yang diinginkan.
4. Layanan transportasi dan pembinaan dari bandara ke hotel pada saat kedatangan (arrival) di tempat tujuan.
5. Pelayanan akomodasi di tempat tujuan selama kunjungan ke tempat tujuan.
6. Layanan tour operator untuk melihat-lihat obyek wisata.
7. Fasilitas wisata, atraksi dan pelayanan hiburan di tempat-tempat yang dikunjungi.
8. Layanan souvenir, pusat kerajinan tangan, dll.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI