Lihat ke Halaman Asli

Khofi Nurfa Aini Putri

Fakultas Agama Islam (S1 Ahwal Al-Syakhshiyah)

Contoh Artikel Populer Singkat tentang Peradaban dan Al-Quran

Diperbarui: 13 Januari 2022   11:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PERADABAN DAN AL-QUR'AN

 Peradaban biasanya terlahir dari adanya air, tetapi negeri jazirah arab tidak punya sungai maupun laut yang dapat melahirkan peradaban hebat dalam sejarah, yang bukan  hanya sekedar pemeran kelas tengah melainkan tokoh-tokoh hebat  dunia dalam sejarah. Kenapa bisa terjadi?

Peradaban adalah sebuah tatanan kehidupan yang terus berkembang dan berkultural baik dari aspek fisik (Bangunan,jalan) maupun non fisik (tatanan, nilai) dalam suatu masyarakat untuk mencapai peradaban yang lebih baik/maju. Untuk mencapai suatu kehidupan yang nyaman dalam sebuah peradaban ada faktor seperti sandang,pangan,papan dan agama. Namun Ketika kita dihadapkan dengan situasi suatu negeri yang tidak memiliki kekayaan alam berupa laut,danau maupun sungai yang menjadi sumber utama bagi kehidupan tapia da suatu negeri yakni jazirah arab yang meiliki gurun pasir dan tandus dapat mecetak tokoh-tokoh hebat dalam catatan sejarah yang begitu menakjubkan dunia.Bagaimana rentetan kisahnya ?

Yuk kita belajar bareng!

Okey, Kita Flashback keperistiwa sejarah Dimana pada zaman dahulu awal mula wilayah bagian timur Jazirah arab yang merupakan daerah kekuasaan bangsa Persia dan Wilayah barat Jazirah arab yang merupakan daerah kekuasaan bangsa romawi. 

Singkat cerita, Ketika Islam datang seketika seluruh umat dibuat ta'jub dengan syaria'atnya yang dapat mencakup  segala aspek yang dibutuhkan dalam kehidupan yang memiliki semboyan "Rahmatan Lil'aalamiin". Selain itu, Umat kembali dibuat ta'jub karena Islam dapat menguasai Persia dan setengah wilayah romawi  timur dalam  kurun waktu 50 tahun. 

Padahal terjadinya Perang Romawi-Persia dalam perebutan wilayah dan pengalihan wilayah kekuasaan Jazirah arab yang telah diperebutkan kedua belah pihak terjadi selama 6,5- 7 abad, namun belum juga mendapatkan keberhasilan diantara kedua belah pihak untuk menguasai jazirah arab secara keseluruhan wilayah. 

Bangsa romawi serta Persia pun mengalami kehabisan sumber daya alam untuk kebutuhan selama peperangan yang membuat mereka terjebak dalam situasi genting dan lemah. Pada akhirnya  situasi ini dapat dimanfaatkan oleh kaum muslimin pada waktu itu untuk menguasai wilayah jazirah arab.

Nah kisah diatas menjadi bukti bahwa Ketika peradaban hanya dibangun oleh infrastruktur dia akan mudah ditaklukkan dan dihancurkan. Selain itu Peradaban juga akan hilang Ketika ilmu tercerabut dari umatnya. Tetapi Allah memberikan wahyu utama pada Baginda Rasulullah Saw. 

Dengan sebaik-baik awal dari sebuah peradaban bagi seluruh umat yakni Qs. Al-Alaq ayat 1-5, dan sebaik-baik risalah yaitu Al-qur'an sebagai pedoman utama yang mencakup segala aspek ilmu pengetahuan dan sains dalam sebuah peradaban dan kehidupan.

Imam Syafi'I berkata : jikalau Al-qur'an hanya diturunkan surat Al-asr maka,isinya sudah mencakup untuk hukum-hukum dalam sebuah peradaban

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline