Komunitas Belajar yang kini giat melaksanakan kegiatan webinar, tidak hanya sekedar membangun komunikasi antar pendidik. Tetapi bagaimana mengajak peserta untuk menjelajahi berbagai strategi dan praktik yang telah terbukti efektif yang berpihak kepada murid.
Komunitas belajar dapat menjadi tempat yang sangat mendukung dan produktif bagi individu yang ingin terus belajar dan berkembang. Kondisi ini dapat dirasakan di kalangan para pendidik betapa besar manfaat dan pengaruhnya.
Pelibatan para pendidik dari berbagai jenjang, akan membuka cara pandang kita bahwa setiap proses pembelajaran memiliki tingkat hambatan yang berbeda. Hambatan tersebut bukanlah suatu kelemahan atau kekurangan tetapi dapat dijadikan sebagai bentuk kekuatan untuk bertumbuh menuju ke arah lebih baik.
Beberapa pekan lalu tepatnya (29/2/2024) Komunitas Pendidik SDN Duren Sawit 14 telah melaksanakan kegiatan berbagi praktik baik melalui webinar dengan mengundang dua pembicara dari Miftahul Hadi Guru Penggerak Angkatan 5 dari Demak, jawa Tengah dan Nur Dwi Yanti Guru Penggerak Angkatan 6 dari Tangerang Selatan, Banten. Tema yang diusung Menciptakan Pembelajaran Interaktif dan Menyenagkan. Semua berkaitan dengan proses pembelajaran yang berpihak kepada siswa.
Materi yang disampaikan mulai dari metode, teknik hingga media yang dapat digunakan guru serta bagaimana pelibatan partisipasi siswa. Melalui pembelajaran diferensiasi, maka guru dapat memetakan bagimana kebutuhan peserta didik dalam mencapai pembelajaran yang bermakna.
Kemudian di bulan Maret (14/3/2024), Komunitas Gugus I Rasuna Said, kembali mengadakan berbagi Praktik Baik dengan tema Disiplin Positif.
Kegiatan ini dihadiri keynote speaker Fasilitator Sekolah Penggerak Bapak Momon Sulaeman serta Bapak Wawan Kurniawan. Selain itu pembicara yang menyampaikan praktik baik adalah Nur Dwi Yanti Guru Penggerak Angkatan 6 dari Tangerang Selatan, Banten. Materi yang disampaikan bagaimana ketika kita membangun disiplin positif semua kembali kepada proses guru sebagai, pemimpin yang mampu berkolaborasi, melakukan refleksi diri, berpihak kepada siswa serta inovatif.