Lihat ke Halaman Asli

Yuk! Memahami Strategi Pembelajaran

Diperbarui: 25 Juni 2015   23:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Kita tahu adanya perkembangan IPTEK itu, menuntut pada bidang pendidikan agar juga menyeimbangkan dengan adanya perkembangan IPTEK tersebut. Nah,… maka, bagi seorang pendidik diharapkan dapat menyesuaikan hal itu, terutama dalam memahami, menguasai dan memilih strategi pembelajaran yang cocok agar menjadikan peserta didik aktif, inovatif, kreatif dan tujuan pembelajaran tercapai. Tahukah pengertian strategi pembelajaran itu? Yap, strategi pembelajaran merupakan suatu rangkaian kegiatan yang dirancang agar tujuan pendidikan tercapai.Dalam memahami pengertian strategi pembelajaran memang sangat sulit, untuk itu perlu tahu istilah-istilah lain yang menyangkut dari strategi pembelajaran yaitu metode dan teknik.

Metode itu sendiri maksudnya adalah suatu cara yang digunakan untuk mencapai tujuan tertentu. Atau dalam kaitan pembelajaran merupakan suatu cara untuk menjelaskan atau memberikan meteri kepada peserta didik agar tujuan pembelajaran tercapai. Dalam hal ini, maka diharapkan bagi para pendidik bias terampil dalam memilih metode pembelajaran yang cocok. Untuk itu, dalam strategi pembelajaran dilaksanakan dapat menggunakan berbagai metode pembelajaran. Kemudian, istilah berikutnya yaitu teknik pembejaran. Teknik pembelajaran merupakan suatu jalan atau alat untuk menjalankan metode pembelajaran secara efisien dan efektif. Maka, dalam melakukan teknik pembelajaran harus melihat kondisi dan situasi peserta didik dalam pembelajaran.

Dari istilah-istilah itu, maka kita dapat ambil kesimpulan bahwa dari metode dan teknik itu merupakan suatu kesatuan sistem dalam strategi pembelajaran. Untuk menjalan strategi pembelajaran maka harus menetapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan bahan pelajaran dan dalam menjalankan metode pembelajarannya harus menggunakan teknik-teknik pembelajaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi dalam pembelajaran. Nah, itulah istilah-istilah strategi pembelajaran yang agak sulit pemahamannya antara strategi, metode dan teknik. Lalu mari kita bahas komponen dari strategi pembelajaran, yaitu : Guru, Kegiatan Pembelajaran Pendahuluan, Penyampaian Informasi, Peserta didik, Evaluasi dan tindakan lanjutan. Dari komponen tersebut merupakan faktor yang sangat mempengaruhi dalam menjalankan strategi pembelajaran.

Kemudian kriteria dalam pemilihan strategi pembelajaran yaitu berorientasi pada tujuan pembelajaran, memilih teknik pembelajaran yang sesuai dan juga relevan dengan isi dan materi serta menggunakan media pembelajaran yang dapat merangsang indra peserta didik. Bentuk strategi pembelajaran antara lain :

1.Strategi Pemecahan Masalah Solso

2.Strategi pemecahan masalah Wankat dan Oreovocz

3.Strategi pembelajaran kreatif produktif

4.Strategi pembelajaran kuantum (Quantum teaching)

5.Srategi pembelajaran siklus (Leraning cycle)

6.Strategi pembelajaran kooperatif

7.Strategi pembelajaran afektif

8.Strategi pembelajaran berbasis computer

9.Pembelajaran berbasis elektronik ( E-Learning)

Dari paparan di atas, diharapkan bagi para pendidik dapat merealisasikan strategi pembelajaran yang benar-benar sesuai, baik itu metode pembelajaran yang digunakan dan pemilihan teknik pembelajaran. Dari semua itu merupakan sangat penting untuk dirancang sebaik-baiknya. Agar menjadikan peserta didik yang aktif dan kreatif dan tujuan pendidikan tercapai. Dari bentuk strategi pembelajaran di atas, sebenarnya masih ada banyak sekali, tetapi saya hanya memberikan 9 dari bentuk pembelajaran strategi pembelajaran.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline