Lihat ke Halaman Asli

Nurdian

Penulis Bebas

Menggali Bakat Jurnalistik di Desa Luwungragi, Brebes

Diperbarui: 8 Januari 2020   12:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Drs.Bahrul Ulum,S.E, Msi menerangkan materi jurnalistik (dokpri)

Luwungragi - Bertempat di Balaidesa Luwungragi puluhan peserta mengikuti Pelatihan Jurnalis Warga, Rabu 8 Januari 2020. Acara ini diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Luwungragi agar warga desa bisa belajar tentang jurnalistik, sehingga nantinya pemerintah desa bisa memuat berita yang dibuat oleh para peserta di website pemerintah desa Luwungragi yang beralamat www.luwungragi.desa.id yang berbasis Wordpress tersebut.

Acara ini diisi oleh Drs.Bahrul Ulum,S.E,Msi dan Aziz Aminudin,S.Kom. Para peserta terdiri dari perwakilan beberapa organisasi yang ada di desa Luwungragi seperti PKK, IPPNU, Pemuda Anshor, Karang Taruna, Siswa Siswi SMK, SMA dan SMP MTs dan Ormas lainnya. 

Selama proses pelatihan peserta dijelaskan tentang menjadi jurnalis yang sesuai dengan aturan, kaidah dan kode etik jurnalistik serta motivasi agar konsisten dalam menulis. Para peserta juga langsung diajarkan praktek menulis berita dan langsung dikoreksi oleh fasilitator, sehingga para peserta lebih memahami menulis berita.

Peserta praktik menulis berita (dokpri)

Kepala Desa Luwungragi Saryo mengatakan,  Pemerintah Desa memfasilitasi pelatihan jurnalistik bagi warga, dengan dana desa, dan diharapkan nanti ada kontributor penulis website desa. " Wadah website desa sudah jadi di domain luwungragi.desa.id, ini bagian dari transparansi desa untuk masyarakat," tuturnya.

Fasilitator Aziz Aminudin,S.Kom mengatakan "Menulislah apa yang kalian sukai, jangan menulis agar disukai orang lain anda hanya akan menulis yang baik - baik saja, tidak ada unsur kritik yang ada dalam tulisan anda."




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline