Lihat ke Halaman Asli

Hukum Harus Ditegakkan

Diperbarui: 12 Mei 2016   13:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Keadilan hukum harus ditegakkan oleh penegak hukum di Negara ini untuk memberikan keadilan bagi warga Negara, karena sudah tidak hal yang tabu lagi penegak hukum harus jujur dan adil tidak memandang siapa itu entah pejabat ataupun tidak, orang kaya raya atau tidak punya hukum harus adil. Tanpa harus hukum dapat mencair karena bayaran dan dibayar dengan uang tinggi, hukum tidak seperti jual beli yang seenaknya dibeli dan dibayar untuk tidak mendapat hukuman. Oleh sebab itu menegakkan keadilan harus sesuai tidak sebaliknya kepastian baru keadilan.

Seperti halnya banyak kasus yang terjadi itu sepele namun dibesar-besarkan, akan tetapi yang masalah besar yang merugikan masyarakat dan Negara terbebas dari hukum yang berlaku. Misalnya pencurian satu buah semangka, pencurian kayu bakar, pencurian satu buah baju, dengan kata lain pelanggaran tersebut adalah termasuk kasus ringan yang tidak perlu dibawa dijalur hukum. Akan tetapi korupsi milyaran ataupun trilyunan bisa lolos dengan mencari kesalahan yang dilimpahkan orang lain. Keadilan yang diperoleh dari kasus ringan yang dibesar-besarkan dan kasus yang besar ditutup-tutupin agar tidak terbongkar apa yang seharusnya diberikan hukuman.

Keadilan hukum yang masih minim karena hukum saat ini seperti orang berjualan, yang dibeli dengan seenaknya sendiri. Dengan memberikan suap kepada hakim ataupun yang lain untuk menutupi masalah yang ada. Maka dengan begitu tidak masalah pencurian ataupun korupsi, tetapi masalah aturan harus adil. Tidak karena pangkat dan jabatan tetapi tidak mematuhi aturan yang ada, seperti hal-hal yang sepele adalah melanggar aturan lalu lintas. Apabila terkena razia bilang kalau mempunyai pangkat, jabatan, dan teman, akan tetapi lolos dengan tidak memenuhi aturan yang ada. Apakah seperti itu dapat memberikan contoh yang baik, namun akan memberikan persengketaan memberontak karena dengan embel-embel tersebut dapat lolos.

Dengan demikian hukum harus adil untuk ditegakkan agar tidak terjadi masalah-masalah yang sepele. Maka dengan itu semua harus adil tidak memandang siapa dan apa pekerjaan serta jabatan yang di emban, apabila salah maka harus diberikan hukuman yang adil, tidak malah diloloskan karena sungkan untuk memberikan keadilan. Keadilan harus ditegakkan tidak dengan memandang siapa yang salah dan benar tetapi melihat permasalahan yang ada harus disesuaikan tidak diloloskan begitu saja.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline