Lihat ke Halaman Asli

Konsep Matematika Dalam Al-Quran

Diperbarui: 7 Juni 2022   05:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Al-Qur'an adalah kitab suci dalam umat Islam. Al-Qur'an diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad, melalui prantara malaikat Jibril, dan disampaikan pada umat manusia sebagai petunjuk dalam kehidupan dunia. Kitab ini terbagi menjadi beberapa surat dan setiap surat terbagi menjadi beberapa ayat.

Pada abad ini, banyak sekali presepsi menyebutkan bahwa Al-Qur‟an hanya berupa penjelasan tentang ilmu pengetahuan agama saja, namun pada kenyataannya Al-Qur‟an adalah sumber dari segala hal mencakup teknologi, sains, ekonomi dan dll. Salah satu contohnya seperti ilmu matematika yang dikembangkan atas dasar dan sumber dari Al-Qur‟an dan hadis.

Seperti diketahui matematika adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah. Ada yang berpendapat bahwa matematika hanya membahas tentang perhitungan dan rumus. Namun banyak kalangan masyarakat yang kurang mengetahui bahwa Al-Qur‟an adalah sumber dari matematika. Sebagian orang mengartikan bahwa matematika sebagai disiplin ilmu yang tidak ada kaitannya sama sekali dengan ilmu keislaman, serta beberapa pendapat mengklaim bahwa ilmu matematika ini berasal dari negara barat sehingga didalamnya tidak ada unsur keislaman.

Padahal banyak temuan dan penelitian oleh para matematikawan bahwa dalam Al-Qur‟an terdapat ilmu matematika, diantaranya :

-Ayat terkait penjelasan dalam setahun ada 12 bulan

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa. (QS. At-Taubah Ayat 36)

-Ayat terkait penjelasan langit diciptakan berjumlah tujuh lapis

هُوَ الَّذِيْ خَلَقَ لَكُمْ مَّا فِى الْاَرْضِ جَمِيْعًا ثُمَّ اسْتَوٰٓى اِلَى السَّمَاۤءِ فَسَوّٰىهُنَّ سَبْعَ سَمٰوٰتٍ ۗ وَهُوَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمٌ ࣖ

Artinya : Dialah (Allah) yang menciptakan segala apa yang ada di bumi untukmu kemudian Dia menuju ke langit, lalu Dia menyempurnakannya menjadi tujuh langit. Dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu. (QS. Al-Baqarah Ayat 29)

-Ayat terkait penjelasan Ganjil Genap

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline