Lihat ke Halaman Asli

Nur Azizah

Mahasiswa IKOR UNSIKA

Tetap Aktif Digunakan Saat Pandemi GOR CINEMA Karawang Tak Terurus

Diperbarui: 19 Desember 2021   13:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Masyarakat Karawang mungkin sudah tidak asing lagi dengan Gor Cinema di Kab. Karawang lebih tepatnya di Sukaluyu Kecamatan Teluk Jambe Timur tidak ada yang tahu pasti kapan Gor ini didirikan. Gor ini dikelola oleh pengurus secretariat setempat. Gor ini dipergunakan oleh masyarakat sekitar untuk melakukan kegiatan olahraga bulu tangkis, akan tetapi ada juga pertandingan antar sekolah yang diadakan di dalam Gor Cinema ini.

Gor Cinema ini memiliki 5 buah lapangan bulu tangkis dengan berikut teribun untuk para penonton pertandingan. Tribun tersebut dapat menampung para penonton sebanyak 100 orang penonton. Tetapi setelah adanya Pandemic Covid 19 yang saya tahu belum adanya kegiatan pertandingan antar sekolah yang dilakukan di Gor Cinema tersebut. Akan tetapi minat masyarakat sekitar terhadap olahraga bulu tangkis ini tidak turun mereka tetap melalukan olahraga dengan menerapkan protokol kesehatan.

Gor cinema terletak di samping SMAN 2 Teluk Jambe Barat, di area gerbang masuk gor sudah berjejer ruko-ruko yang membuka stand nya untuk berjualan. Lalu ketika kita masuk ke area dalam gor yang pertama kali dapat kita liat yaitu area parkiran yang luasnya sekitar 150x90 meter. Kemudian dapat kita lihat luasnya bangunan Gor Cinema di dalam Gor tersebut terdapat satu kantin yang berdiri di samping arena lapangan bulu tangkis tersebut.

Kondisi Gor Cinema sangat memprihatinkan dilihat dari sudut fasilitas bangunan seperti tampak keadaan lapang yang cat nya sudah memudar, net yang sudah sobek dan tidak layak pakai, kondisi tribun yang sudah dipenuhi debu-debu, fasilitas lampu penerangan yang kurang memadai dan tampaknya sawangan yang sudah memenuhi tembok dinding. Jika kita berkeliling di area sekitar Gor tersebut dapat kita lihat banyak ruangan yang tidak terpakai sehingga dapat memberikan kesan mengerikan kepada beberapa orang yang mengunjungi Gor Cinema tersebut.

Terbengkalai nya Gor Cinema dikarenan belum ada kepengurusan yang bersedia untuk merawat atau memperbaiki tempat tersebut sehingga Gor tersebut tidak terawat.

Berdirinya Gor Cinema menjadi daya tarik masyarakat untuk memilih berolahraga dikarenakan arena Gor yang strategis. Juga memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk merasakan dampak kesehatan. Hal yang demikian mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap pelaku masyarakat seperti mengatur pola hidup sehatnya dengan berolahraga.

Dengan adanya Gor Cinema ini berdampak juga kepada keadaan ekonomi masyarakat di sekitar Gor Cinema. Terbukanya lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat. Dapat dilihat dari berdirinya ruko-ruko yang berada didepan Gor tersebut.

Dampak politik yang terjadi pada Gor Cinema yaitu kurang adanya kesadaran pemerintah untuk memperbaiki kekuranganya fasilitas yang ada pada Gor Cinema, padahal jika Gor tersebut diperbaiki lebih baik lagi akan menjadi daya tarik untuk penyelengaraan event-event bulu tangkis kembali.

Masalah yang ada pada Gor Cinema ini ialah kurangnya fasilitas yang memadai. Seperti keadaan bangunan yang sudah tidak layak dipakai dan kumuh, banyaknya ruangan-ruangan menjadi terbengkalai. Sehingga penyelenggaraan event atau pertandingan terhambat.

Semoga pemerintah dapat melirik kembali fasilitas yang di Gor Cinema Karawang agar segera diperbaiki, dikarenakan jika Gor tersebut diperbaiki dapat menjadi daya tarik pengunjung yang semakin banyak dan tak lupa juga pengunjung yang sudah lama merasakan kenyamanan bermain kembali.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline