Lihat ke Halaman Asli

Nurazizah

Nurazizah

KKN Tematik UPI 2021: Bagaimana Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi?

Diperbarui: 27 Juli 2021   13:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pandemi Covid-19 telah merubah tatanan dunia dan memberikan dampak dan perubahan yang luar biasa dari segala bidang, baik kesehatan, ekonomi, sosial-budaya, juga pendidikan. Dampak pandemi juga berpengaruh ke dunia pendidikan di Indonesia.

Untuk mencegah penularan Covid-19 maka Mentri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) menerbitkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Coronavirus Disease (Covid-19). Salah satu pokok penting adalah belajar dari rumah.

Kemudian bagaimana Pendidikan anak Usia Dini di Masa Pandemi?

  • Menerapkan physical distencing pada PAUD
  • Physical distencing adalah hal yang hampir tidak mungkin dilaksanakan oleh anak usia dini, sebab dunia anak adalah dunia bermain dengan kecenderungan anak untuk berinteraksi secara langsung. Baik bersama teman sebaya maupun orang dewasa dan kenyataan yang tidak bisa dinafikkan adalah anak-anak masih berada dibawah kekuasaan orang dewasa yang artinya dalam melakukan sesuatu mereka masih membutuhkan peran orang dewasa baik untuk mengawasi maupun membantunya.
  • Menerapkan pembelajaran melalui teknologi informasi
  • Teknologi berfungsi sebagai ilmu pengetahuan (science)
  • Meningkatkan akses terhadap kesempatan belajar serta fleksibilitas siswa dalam belajar melalui berbagai sarana dan metode pembelajaran
  • Meningkatkan kualitas pembelajaran
  • Mengembangkan keterampilan
  • Mengembangkan produk dan layanan
  • Meningkatkan peran guru
  • Dengan metode pembelajaran yang baru para guru PAUD harus memiliki kemampuan dan keterampilan mengoprasikan teknologi, merencanakan pembelajaran jarak jauh yang menyenangkan yang masih sesuai dengan kurikulum pendidikan.
  • Materi pembelajaran yang bisa dilakukan antara lain membiasakan hidup bersih dan sehat misalnya, praktek cuci tangan, mandi, gosok gigi, membersihkan perlengkapan makan sendiri.
  • Materi pendidikan karakter yang bisa dilakukan antara lain misalnya, membantu orang tua, merapikan meja setelah makan, berbicara sopan, mengucapkan terima kasih, minta maaf bila salah, dan lain-lain.
  • Meningkatkan peran orang tua

Pendidikan anak usia dini justru dimulai dari keluarga di rumah yang merupakan lembaga pendidikan utama. Kebutuhan baik psikologis, kesehatan dan kebahagiaan akan senantiasa disediakan dalam keluarga di rumah termasuk dalam perawatan dan pendidikan. Peran orang tua sangat diharapkan dalam proses belajar di rumah. Diharapkan orang tua bisa mendampingi ketika anak belajar atau turut belajar bersama anak. Bisa membimbing, mengarahkan bahkan harus bisa mendidik bagi anaknya menggantikan peran guru yang biasanya mengajar di sekolah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline