Lihat ke Halaman Asli

Nuratul Delia

Mahasiswa

Teori Perkembangan Sosial yang Dikemukakan oleh Lev Vygotsky & Jean piaget

Diperbarui: 17 Oktober 2024   11:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Lev Vygotsky dan Jean Piaget adalah dua tokoh penting dalam psikologi perkembangan, tetapi mereka memiliki pendekatan yang berbeda terhadap perkembangan sosial dan kognitif.

Jean Piaget

Piaget mengembangkan teori perkembangan kognitif yang menekankan tahap-tahap perkembangan individu. Menurutnya, perkembangan anak terjadi melalui empat tahap:

1. Tahap Sensorimotor (0-2 tahun): Anak belajar melalui pengalaman langsung dengan lingkungan mereka.

2. Tahap Praoperasional (2-7 tahun): Pemikiran anak bersifat egosentris, dan mereka mulai menggunakan bahasa dan simbol.

3. Tahap Operasional Konkret (7-11 tahun): Anak mulai berpikir logis tentang objek konkret tetapi masih kesulitan dengan abstraksi.

4. Tahap Operasional Formal (11 tahun ke atas): Anak mampu berpikir abstrak dan melakukan pemikiran logis tentang situasi yang hipotetis.

Piaget menekankan bahwa perkembangan kognitif adalah hasil dari interaksi individu dengan lingkungan, di mana anak secara aktif membangun pengetahuan mereka.

Lev Vygotsky

Vygotsky, di sisi lain, menekankan peran interaksi sosial dalam perkembangan kognitif. Beberapa konsep kunci dari teorinya meliputi:

1. Zona Perkembangan Proksimal (ZPD): Jarak antara kemampuan yang dimiliki anak saat ini dan kemampuan yang dapat dicapai dengan bantuan orang lain.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline