Lihat ke Halaman Asli

Nur Atikah

mahasiswi pgmi / uin jakarta

Pengertian, Aspek-Aspek, dan Macam-Macam Teknik Penulisan Notasi Ilmiah

Diperbarui: 18 Juni 2023   11:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Hallo...

Mari kita membaca agar kita semakin luas pengetahuannya, di artikel kali ini akan membahas Pengertian, Aspek-Aspek, dan Macam-Macam Teknik Penulisan Notasi Ilmiah mari kita pahami !

Bahasa, memungkinkan manusia untuk saling berkomunikasi, berbagi pengalaman, belajar dari orang lain, dan mampu meningkatkan intelektual. Menurut KBBI pengertian notasi adalah tanda yang menggambarkan bilangan nada-nada dan ujaran. Aspek-Aspek notasi ilmiah yaitu sebgai berikut:

  • Mengutip tulisan dari halaman-halaman yang berhubungan dengan pokok bahasan penelitian yang sedang disusun.
  • Kutipan langsung minimal 30 persen dari seluruh kutipan dalam tubuh tulisan dengan menggunakan pernyataan yang telah disimpulkan dan ditulis sendiri. 
  • Meringkas tulisan yang diambil dari teks yang dikutip dari bahasa asing kedalam bahasa indonesia dan mencantumkan penulis aslinya dan tanda kurung di belakang kalimat tersebut. 
  • Membuat catatan pada akhir tiap bab, hal ini biasanya dilakukan untuk penulisan buku teks ilmiah dan bukan merupakan laporan hasil dari penelitian.
  • Membuat daftar pustaka untuk semua bahan rujukan yang telah dimanfaatkan dalam menulis karya tersebut. 

Dalam penulisa notasi ilmiah terdapat macam-macam teknik yang digunakan yaitu sebagai berikut:

  • Footnote; Yang dimaksud adalah catatan pada bagian bawah halaman teks yang menyatakan sumber suatu kutipan, pendapat atau keterangan penyusunan mengenai sesuatu hal yang diuraikan dalam teks.
  • Innot; Pada teknik ini sumber kutipan ditulis sebelum bunyi kutipan sehingga menjadi bagian dari narasi atau kalimat tersebut.
  • Endnot; Pada teknik ini nama pengarang diletakkan setelah bunyi kutipan atau dicantumkan dibagian akhir narasi dengan beberapa ketentuan.
  • Daftar pustaka; Sering disebut dengan Bibliografi yang berisi kumpulan-kumpulan sumber bacaan atau sumber referensi karangan ilmiah yang tengah digarap, yang terdiri atas judul buku-buku, artikel-artikel, dan bahan-bahan penerbitan lainnya.

Jadi itulah penjelasan singkat dari Pengertian, Aspek-Aspek, dan Macam-Macam Teknik Penulisan Notasi Ilmiah.

Semoga Bermanfaat!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline