Lihat ke Halaman Asli

Nur Asyiyah

jangan lupa like dan share ya teman-teman :)

KKN UNISRI 2020 Menyosialisasikan tentang Pentingnya Protokol Kesehatan di Bulukerto, Mojogedang

Diperbarui: 29 Agustus 2020   16:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pembagian masker dan handsanitizer. Sumber: dok. pribadi.

Sosialisasi protokol kesehatan. Sumber: dok. pribadi.

Karanganyar, Universitas Slamet Riyadi Surakarta mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat atau sering disebut KKN. Namun dikarenakan kondisi dunia khususnya Indonesia sedang terjadi pandemi covid-19. Maka pelaksanakaan KKN dilakukan didomisili masing-masing. Atau bisa disebut KKN DR yakni kuliah kerja nyata dari rumah dengan tema "bali ndeso" cegah covid-19. Dan menerjunkan sejumlah 800 lebih peserta diseluruh indonesia sesuai dengan domisilinya masing-masing.

Saya nur asyiyah salah satu peserta KKN DR mahasiswi universitas slamet riyadi surakarta fakultas ilmu sosial dan ilmu politik program studi ilmu administrasi negara yang dibimbing oleh DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) yakni Bapak Djoko Kristanto S.E, M.Si melakukan kegiatan KKN DR di Desa Sewurejo, Mojogedang. Tepatnya di Dusun Bulukerto RT 03/05.

Pada hari Kamis, 20 agustus 2020 melakukan kegiatan sosialisasi pentingnya menaati protokol kesehatan. Kegiatan ini kami lakukan dikarenakan jumlah pasien di Indonesia yang terkena infeksi virus corona kian hari semakin bertambah. Khusunya di kabupaten Karanganyar. Semua ini terjadi akibat masyarakat yang masih awam dan acuh tak acuh terhadap protokol kesehatan yang telah di informasikan oleh pemerintah.

Ketidakpahaman masyarakat terhadap salah satu virus yang berbahaya ini lah yang menjadikan masyarakat enggan melakukan kegiatan sesuai protokol kesehatan seperti tidak menggunakan masker bahkan masih saja terjadi kerumunan dimasyarakat tanpa melakukan cuci tangan terlebih dahulu. Seperti yang kita ketahui bahwa virus covid-19 ini sangat mudah sekali menyebar melalui kontak tangan dengan si pembawa virus. Hal ini membangkitkan semangat untuk sosialisasi pentingnya protokol kesehatan.

Dan kami juga sangat berbahagia sekali, meskipun dengan keterbatasan dikarenakan pandemi covid-19 namun para peserta yakni perwakilan Ibu-ibu PKK Dusun Bulukerto sangatlah antusias mengikuti acara sosialisasi tersebut. Setelah sosialisasi selesai, kami para peserta KKN DR membagikan handsanitizer sekaligus masker.

Pembagian ini bukan hanya sebagai salah satu proker kegiatan KKN namun juga sebagai salah satu cara menyadarkan masyarakat betapa pentingnya penggunaan masker dan mencuci tangan disaat pandemi masih terus berlangsung. Kami berharap masyarakat dimanapun berada sayangilah diri anda sendiri dan keluarga kalian. Agar kita bisa sama-sama menghentikan penyebaran virus covid-19 ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline