Lihat ke Halaman Asli

Nur Asih Jayanti

Mahasiswa - Freelancer // Belajar menulis // CP : menurasih@gmail.com

Mengenal Cascara: Teh dari Tanaman Kopi

Diperbarui: 18 Juni 2023   07:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi teh cascara oleh Otten Coffee

Sekilas tentang kopi

Siapa yang suka mengkonsumsi kopi? Ternyata Indonesia merupakan negara penghasil kopi terbesar keempat di dunia. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik produksi kopi di Indonesia pada tahun 2021 mencapai 774,60 ribu ton. Seperti tanaman pada umumnya tanaman kopi juga memiliki buah dan biji. Orang-orang menyebut buah dari tanaman kopi dengan istilah ceri  kopi karena bentuknya mirip dengan buah ceri. 

Minuman kopi yang biasa kita nikmati tersebut berasal dari biji kopi yang telah disangrai dan digiling. Ceri kopi harus dikupas untuk diambil bijinya. Kulit ceri kopi merupakan limbah dari industri pengolahan kopi. 

Lalu, tahukah kamu bahwa ternyata kulit dari kopi tersebut masih dapat diolah lebih lanjut dan dapat bermanfaatkan bagi tubuh?

Apa itu cascara ?

Cascara berasal dari bahasa Spanyol yang memiliki arti "kulit" maksudnya adalah kulit buah ceri kopi. Kulit ceri kopi yang dikeringkan kemudian dapat diseduh seperti halnya dengan menyeduh teh sehingga masyarakat menyebut dengan istilah teh cascara. Minuman ini telah dikenal oleh masyarakat di beberapa negara seperti di Bolivia dan Yaman. Namun, di Indonesia cascara masih kurang dimanfaatkan karena sebagian besar industri pengolahan kopi masih membuang kulit buah kopi sebagai limbah sisa produksi.

Ilustrasi kulit ceri kopi oleh NPR 

Bagaimana sih rasa seduhan cascara ?

Selain memiliki banyak khasiat begitu tubuh, cascara juga memiliki rasa yang khas. Cita rasa khas cascara dipengaruhi oleh asal usul buah kopi, varietas tanaman, dan cara pengolahannya. Sensasi rasa pahit pada seduhan biji kopi tidak terdeteksi pada seduhan khas cascara karena tertutupi oleh rasa manis mirip sirup maple, gula madu, atau gula tawon. Cascara juga memiliki aroma "fruity" dan "floral".

Manfaat cascara

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline