Sebagai makhluk ekonomi, pasti senang jika ada promo diskon. Tetapi perlu perhatikan harga normal barang dan urgensi kebutuhan.
Semua orang pasti suka dengan diskon atau potongan harga yang diadakan oleh pelaku usaha untuk menarik perhatian konsumen sehingga tergerak keinginan dan memutuskan untuk membeli produk yang ditawarkan.
Dikutip dari Forbes pada tahun 2017, pemberian diskon memberikan pengaruh sebesar 80% terhadap keputusan konsumen untuk membeli produk tersebut.
Diskon juga sebagai teknik marketing untuk mempengaruhi psikologis konsumen, misalnya harga Rp 99.900 akan lebih murah dan mempengaruhi psikologis konsumen dibandingkan harga Rp 100.000
Masyarakat sekarang sebagai pengguna internet lebih sering melakukan belanja online, sebagai salah satu faktor pendorongnya yaitu diskon atau cashback yang ditawarkan begitu menggoda hati sehingga konsumen tidak mudah menolaknya.
Prinsip pengeluaran seminimal mungkin membuat konsumen gencar melakukan pembelian disaat sedang promo diskon.
Berikut alasan orang menyukai promo diskon :
1. Diskon bikin senang
Diskon yang diberikan oleh pelaku usaha biasanya hanya ada di periode tertentu saja. Jadi pembeli kemungkinan tidak bisa mendapatkan diskon untuk berhemat uang.
Keadaan seperti inilah yang menjadi faktor pendorong bagi pembeli untuk tidak mau kelewatan kesempatan promo diskon sehingga tidak menyesal di kemudian hari.
Prinsip "tidak mau kelewatan promo" yang bisa disebut prinsip kesenangan dan inilah yang akhirnya membuat pembeli tergiur untuk belanja saat promo diskon.