Faktor utama yang mempengaruhi penjualan suatu usaha yaitu pelanggan, maka perhatikan karakteristik pelanggan untuk mengatur strategi bisnis.
Pelanggan merupakan seorang maupun kelompok tertentu yang mengkonsumsi produk baik itu produk barang atau jasa yang ditawarkan oleh pebisnis. Pelanggan akan memberi pengaruh terhadap performasi suatu usaha yang dijalankan oleh pelaku usaha.
Pebisnis harus menjaga kepercayaan pelanggan karena pelanggan merupakan individu yang menggunakan produk sehingga memiliki fokus dan perhatian pada produk yang dijual.
Selain itu, memberikan layanan yang terbaik untuk kepuasan pelanggan juga tidak kalah penting bagi pebisnis dalam menjalankan usaha sehingga usaha dapat terus dijalankan dan bertahan lama.
Untuk bisa memberikan kepuasan terhadap konsumen, sebaiknya memahami apa saja karateristik pelanggan. Hal ini bertujuan untuk memahami sifat pelanggan dan menjalin hubungan interaksi yang baik agar pelanggan terus setia kepada produk kita dan tidak pindah ke produk lain.
Dengan memahami karakteristik pelanggan, seorang pebisnis akan lebih mudah dalam menghadapi mereka dalam proses melayani sampai akhir kegiatan transaksi.
Berikut beberapa karakteristik pelanggan yang biasa kita temui:
1. Pelanggan baru
Pelanggan baru atau pertama kali membeli produk yang ditawarkan ditandai dengan sering bertanya mengenai produk yang kita jual. Bertanya tentang keunggulan produk dibanding kompetitor, harga produk apakah lebih mahal atau lebih murah, ukuran produk apa saja, dan sebagainya.
Sebagai seorang pebisnis, jawab saja dengan ramah dan berikan penjelasan dengan detail mengenai produk tersebut. Berikan pelayanan yang ramah sehingga pelanggan merasa nyaman saat kegiatan jual beli dan akhirnya membeli produk.
Pelanggan baru bisa menjadi angin segar karena jika sudah tertarik pasti akan kembali lagi sehingga bisa menjadikan pelanggan yang potensial.