Lihat ke Halaman Asli

Nur Asih Jayanti

Mahasiswa - Freelancer // Belajar menulis // CP : menurasih@gmail.com

Mengenal Pentingnya Pemasaran Produk dengan Marketing Mix

Diperbarui: 15 Maret 2022   08:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ilustrasi : pexels.com/Lukas

Marketing mix atau bauran pemasaran merupakan strategi pemasaran yang digunakan perusahaan untuk memperoleh profit maksimal. Strategi ini menggunakan semua alat pemasaran dalam perusahaan yang bisa kita kenal dengan konsep marketing mix. Dulu kita mengenal marketing mix 4P, tetapi sekarang telah berkembang menjadi konsep marketing mix 7P yang terdiri dari tujuh konsep yang lebih lengkap. Lalu apa saja konsep marketing mix 7P ini? Mari kita bahas bersama-sama.

Orientasi konsep marketing mix 7p tentu lebih kompleks yang terdiri dari product, price, promotion, place, people, process, dan physical evidence. Berikut penjabaran marketing mix 7P :

1. Produk (Product). Produk yang dimaksud dapat berupa barang maupun jasa. Kunci dari produk ini dimaksudkan untuk kita dapat membuat dan menghasilkan produk dengan kualitas dan keunikan sendiri. Sehingga produk kita dapat bersaing di pasaran. Dan tentu konsumen akan membeli kembali produk yang kita jual. 

2. Harga (Price). Harga menjadi faktor yang sangat penting dalam pengambilan keputusan konsumen. Seorang pengusaha harus benar-benar mempertimbangkan harga yang sesuai untuk produknya. Karena konsumen akan mempertimbangkan apakah membeli produk dengan harga tersebut "worth it" dari segi pengorbanan (uang) dengan manfaat yang didapat dari produk tersebut.

3. Tempat (Place). Tempat yang dimaksud yaitu lokasi di mana perusahaan kita berdiri. Tempat yang strategis akan mendapatkan keuntungan yang semakin besar. Hal ini karena konsumen dapat lebih mudah menjangkau tempat usaha kita bagi usaha yang dilakukan dengan toko fisik (offline). Akan tetapi di jaman sekarang yang bisnis dapat dilakukan secara online, tempat yang strategis sudah bukan menjadi masalah lagi. 

4. Promosi (Promotion). Promosi bisnis dimaksudkan untuk memasarkan produk ke pasar yang lebih luas dan lebih dikenal konsumen. Promosi berperan untuk mencapai target pemasaran. Oleh karena itu penting untuk mengetahui target pasar kita sehingga dapat ditentukan saluran promosi yang tepat. Promosi bertujuan untuk menarik konsumen baru, mengomunikasikan produk baru, mengajak konsumen untuk membeli produk kita.

5. Orang (people). Sumber daya manusia (SDM) menjadi salah satu komponen penting dalam keberlangsungan suatu perusahaan. Hal ini banyak kita lihat bahwa perusahaan yang berkelanjutan diikuti dengan sumber daya manusia yang kuat. Inilah mengapa perusahaan berlomba-lomba mencari pekerja terbaik bahkan perusahaan rela membayar lebih. 

6. Proses (Process). Aspek proses merupakan seluruh aktivitas yang dimulai dari prosedur, jadwal pekerjaan, aktivitas dan lain-lain yang diterapkan oleh konsumen untuk menggunakan produk kita. Penerapan proses pemasaran harus selalu menjaga konsistensi. Hal ini karena proses berhubungan langsung dengan konsumen. Perusahaan harus selalu berusaha memberikan pelayanan yang memuskan kepada konsumen.  

7. Tampilan Fisik (Physical Evidence). Kemasan produk merupakan hal yang harus diperhatikan setelah mengembangkan sebuah produk. Kemasan yang menarik dapat meningkatkan minat dan perhatian konsumen. Sehingga konsumen akan melihat isi dari produk kita. Tampilan fisik ini sangat penting untuk diimplementasikan pada usaha kita. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline