Lihat ke Halaman Asli

Nur Ardiyansyah

Freelancer

Kembangkan Kompetensi Guru, Dosen Program Studi Teknik Mesin Adakan Pelatihan Elektropneumatik

Diperbarui: 10 Maret 2023   16:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Dosen, Tenaga Kependidikan dan Mahasiswa Program Studi Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melaksanakan salah satu Tri Dharma Perguran Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Tema pengabdian masyarakat ini yaitu "Manufaktur dan Pelatihan Trainer Elektropneumatik untuk Peningkatan Kompetensi Guru SMK Muhammadiyah 3 Klaten Utara".

Tim Pengabdian ini terdiri dari Sunardi, S. T., M. Eng., Ph.D., Dr. Ir. Cahyo Budiyantoro, S. T., M. Sc., IPM., Fitroh Anugrah Kusuma Yudha, S. T., M. Eng., Aditya Kurniawan, S. T., Yakub Adi Putra bersama kolaborator dari Politeknik Negeri Semarang yakni, Prayitno, S. ST., M. T., Ph. D dengan mitra SMK Muhammadiyah 3 Klaten Utara. Program pengabdian ini akan dimulai pada tahun 2023 dengan perkiraan waktu mulai dari observasi hingga penulisan laporan membutuhkan sekitar 12 minggu. Materi yang disampaikan pada pelatihan yakni pengetahuan dasar mengenai elektropneumatik, simbol-simbol komponen, penggunaan software fluid sim untuk simulasi dan praktik menggunakan alat trainer kit elektropnuematik.

Tujuan dari pelatihan ini yang disampaikan oleh ketua pengabdian yakni, Sunardi, S. T., M. Eng., Ph. D.,

"Pelatihan ini untuk meningkatkan kompetensi guru SMK Muhammadiyah 3 Klaten Utara khususnya di bidang control elektropneumatik yang belum ada di sekolahan tersebut, sehingga guru dan siswa dapat mempraktikkan pembuatan dan perancangan sistem elektropneumatik pada otomasi industri." ungkapnya.

Dok. pribadi

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline