Lihat ke Halaman Asli

Nurapriliani

Mahasiswa Universitas Nasional.

Hasil Pendapatan Pedagang yang Menurun di Era Pandemi

Diperbarui: 14 Juli 2021   14:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

BOGOR - Saat ini indonesia masih terpapar covid - 19. Cukup lama Indonesia terpapar virus Covid - 19 ini. Yang berawal muncul pada awal maret 2019 hingga saat ini juli 2021. Bahkan saat ini  di temukannya varian baru, yaitu varian Delta. Untuk itu pemeintah menggebu-gebu menghimbau masyarakat untuk segera mengikuti program vaksin. 

Banyak sekali dampak yang sangat berpengaruh dalam kegiatan hidup saat ini, yaitu salah satunya adalah Pedagang Makanan. Pedagang makanan sangat merasakan sekali akibat dari covid - 19 ini, karena pengahasilannya yang didapat di hitung perhari. Sebenarnya tidak hanya pedagang tapi semuapun merasa kesulitan karena wabah virus ini. Apa sih yang membuat para pedagang sulit di-era pandemi ini?

Dengan berlangsungnya virus covid-19 ini membuat kesulitan para pedagang dalam berjualan. Kesulitan pedagang dipandemi saat ini adalah lapak. Banyak lapak yang ditutup, karena akan membuat kerumunan dan membahayakan para warga yang tinggal di perumahan tersebut. 

Selain itu lapak pedagang pun seperti di kantin sekolahpun terpaksa di tutup karena keadaan yang seperti saat ini. Salah satunya adalah para pedagang di sekolah Madrasah Mathaludha, Parung Panjang. Bogor. Para pedang terpaksa harus mencari tempat atau lapak lain tuntuk berjualan, banyak dari para pedangang tersebut terpaksa berkeliing saja karena sulitnya menemukan tempat baru untuk berjualaan saat ini. 

Salah satunya seperti bapak ahmad penjual batagor. Bapak Ahmad sudah berjualan sudah sangat lama. Biasanya beliau berjualan di sekolah tersebut saja, tetapi karena saat ini sudah tidak diperbolehkan beliau terpaksa untuk berdagang kekiling. 

"Biasanya pendapatan saya bisa sampai 400 ribu sehari, namun karena adanya kendala dari pandemi ini saya hanya bisa dapat penghasilan seberar 100 saja itupun sangat jarang sekali, saya bisa mendapat 60 ribu sehari saat ini, itu hanya terhitung modal saja, tidak dapat untung. Tapi saya tetap bersyukur masih di ada penghasialan walaupun sedikit demi sedikit. Saya sangat berharap sekali pandemi ini cepat selesai agar semua bisa kembali normal seperti semula." Ujar bapak ahmad. 

Pandemi memang sangat berpengaruh sekali dalam kehidupan masyarakat, banyak perbuhakan yang terjadi seperti pendapatan para pedagang yang terhitung menjadi sangat kecil saat ini. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline