Lihat ke Halaman Asli

Nur Amin

Mahasiswa Universitas Pamulang

Salah Satu Faktor Dominan TKW Gugat Cerai Karena Ekonomi dan Perselingkuhan

Diperbarui: 6 November 2021   23:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Beberapa alasan yang merupakan pendorong wanita untuk menjadi TKW di luar negeri yaitu karena perempuan tidak memiliki akses di lahan pertanian dan sedikit mengerti tentang teknologi pertanian. Selain itu, perempuan desa ingin meningkatkan taraf hidup keluarga sehingga pergi bekerja ke luar negeri menjadi TKW.

Perceraian menjadi permasalahan yang sering dihadapi para pekerja imigran Indonesia. Meski kasusnya tidak banyak karena jumlah pekerja imigran juga tidak signifikan. Namun, sekitar 89 persen buruh migran mengalami keretakan rumah tangga hingga berujung perceraian. 

Salah satu faktor dominan penyebab perceraian yaitu masalah ekonomi dan perselingkuhan. Biasanya alasan yang diberikan dalam pengajuan perceraian , pada saat bekerja di luar negeri kepercayaan terhadap suami berkurang. Uang yang dikirimkan ke rumah tidak bisa dipertangungjawabkan oleh suami.

Para wanita bersuami yang menjadi TKI pada awal keberangkatannya berniat memperbaiki taraf hidupnya. Beberapa kasus yang terjadi, uang berlebih yang dikirimkan ke suami mereka ternyata digunakan untuk bersenang senang. Bahkan, ada juga yang membangun rumah untuk wanita lain. Hal tersebut memicu para TKI untuk bercerai dengan suaminya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline