Lihat ke Halaman Asli

Nur Amanah Zulfa Hasnasari

Universitas PGRI Semarang

Pengembangan Kompetensi Digital Marketing melalui Program Studi Independent di NF Academy

Diperbarui: 12 Juli 2024   20:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Nur Amanah Zulfa Hasnasari Universitas PGRI Semarang Nuaffa24@gmail.com

Pembimbing Efriyani Sumastuti Dosen Manajemen Universitas PGRI Semarang

Abstract

Rapid technological developments are changing the marketing environment, requiring a shift from traditional marketing strategies to digital marketing strategies. This opens up new opportunities for individuals to improve their abilities in this field. Technological developments and internet penetration make digital marketing strategies complicated for a company's success. To ensure the effectiveness of this strategy, digital marketing competency testing is an important tool in measuring and improving the skills of marketers. The NF Academy Independent Study Program is the right solution to equip Independent Study Participants with the knowledge and skills needed to be successful in the digital era.

Keywords: Independent Study, Digital Marketing, NF Academy

 

Abstrak

Perkembangan teknologi yang pesat mengubah lingkungan pemasaran sehingga memerlukan peralihan dari strategi pemasaran tradisional ke strategi pemasaran digital. Hal ini membuka peluang baru bagi individu untuk meningkatkan kemampuannya di bidang tersebut. Perkembangan teknologi dan penetrasi internet membuat strategi pemasaran secara digital menjadi rumit bagi kesuksesan suatu perusahaan. Untuk memastikan efektivitas strategi ini, uji kompetensi digital marketing menjadi alat penting dalam mengukur dan meningkatkan keahlian tenaga pemasar. Program Studi Independent NF Academy merupakan solusi tepat untuk membekali Peserta Studi Indeoendent dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk sukses di era digital.

Kata Kunci : Studi Independent, Digital Marketing, NF Academy

Pendahuluan

Di era digital ini, kemampuan digital marketing menjadi semakin penting bagi individu dan organisasi. Hampir semua aspek bisnis, mulai dari branding hingga penjualan, kini memanfaatkan platform digital untuk menjangkau pelanggan. Hal ini mendorong kebutuhan akan tenaga ahli yang kompeten dalam bidang digital marketing. Perkembangan teknologi saat ini terlihat jelas dalam peralihan banyak industri ke sektor digital, yang pada akhirnya menciptakan lapangan kerja baru di industri ini. Pemerintah berusaha untuk mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia dengan mengintegrasikan pendidikan dengan kebutuhan industri atau lapangan kerja. Tujuannya adalah agar ketika lulus dari perguruan tinggi mahasiswa memiliki kesiapan kerja dan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja (Jannah et al., 2023). Oleh karena itu, mahasiswa saat ini diharapkan untuk berkompetisi dalam meningkatkan keterampilan digital mereka melalui berbagai pelatihan keterampilan digital. Salah satu upaya yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk membantu mahasiswa dalam meningkatkan keterampilan ini adalah melalui program Studi Independen Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Purike, 2021; Arisandi et al., 2022; Sopiansyah et al., 2022).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline